Friday, 30/10/2020 | 9:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Memilih Ban yang Tepat untuk Mobil Anda

2 Tips Memilih Ban yang Tepat untuk Mobil Anda

 

 

Otolibs.com – Pemilihan ban yang tepat akan sangat mempengaruhi kestabilan dan kenyamanan mobil yang anda kemudikan. Dengan ban tepat sesuai dengan kebutuhan mobil, tentu saja perjalanan akan menjadi lebih menyenangkan dan anda akan terhindar dari hal yang tidak anda inginkan. Namun, pemilihan ban seringkali menjadi hal yang cukup membingungkan bagi beberapa pengendara.

Di pasaran, sebenarnya terdapat beragam jenis ban yang bisa anda pilih. Banyaknya pilihan ini akan memberikan keleluasaan bagi anda untuk mendapatkan ban terbaik demi kenyamanan anda dalam berkendara. Berikut kita akan membahas beberapa tips yang bisa membantu anda menemukan ban yang tepat untuk mobil anda.

Cara Memilih Ban Mobil yang Tepat

Lihat Ukuran Ban

Untuk memilih ban yang tepat guna mendapatkan kenyamanan yang lebih saat berkendara, melihat ukuran ban adalah hal paling pertama yang harus anda lakukan. Ukuan ban yang tepat akan memberikan kenyamanan ekstra dalam berkendara. Dalam hal ini, usahakan untuk memilih ukuran ban yang sesuai dengan ukuran velg. Ukuran ban yang lebih kecil atau terlalu besar tidak akan terpasang dengan baik sehingga kenyamanan berkendara akan tidak maksimal.

Lebar Ban

Selain ukuran ban, penting bagi anda untuk melihat lebar ban yang hendak anda pilih. Dalam hal ini, anda perlu tahu bahwa semakin lebar ban yang anda pilih, maka anda akan memiliki ban dengan saya cengkeram yang lebih baik, begitu juga sebaliknya. Namun, ban yang terlalu lebar biasanya akan mengurangi akselerasi mobil.

Pola Tapak Ban

Hal yang sering dianggap remeh oleh pengendara saat memilih ban yang tepat adalah pola tapak ban. Pola tapak ban berpengaruh pada daya cengkeram ban terhadap aspal, terutama saat jalanan basah karena hujan. Dalam hal ini, sebaiknya anda memilih pola tapak ban V yang mampu mengalirkan air dengan baik saat hujan sehingga ban tetap dapat mencengkeram aspal dengan baik.

Ketebalan Ban

Ketebalan ban juga harus menjadi pertimbangan saat anda hendak memilih ban mobil yang tepat. Ketebalan ban akan mempengaruhi kenyamanan serta keselamatan pengendara saat berada di jalanan. Banyak pengendara memilih ban dengan ketebalan yang tipis karena ingin terlihat keren. Namun, hal ini sebenarnya cukup berbahaya karena rawan terjadi selip. Oleh karena itu, pilihlah ban dengan ketebalan yang standard.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *