Tuesday, 27/10/2020 | 2:25 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan Suspensi Usang Harusnya Dikandangkan

Alasan Suspensi Usang Harusnya Dikandangkan

Otolibs.com – Merawat mobil tentunya bukan hanya terkait masalah mesin saja, tetapi keseluruhan dari semua bagian mobil tersebut. Sistem pada kaki-kaki juga merupakan bagian vital yang harus selalu diperhatikan. Selain kontrol tentang rem serta ban, suspensi juga harus selalu diperhatikan.

Bukan hanya berfungsi sebagai peredam kejut, suspensi juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengendara. Suspensi harus selalu dapat bekerja optimal di saat digunakan melewati jalan bergelombang dan juga bisa meredam beban final mobil.

Peran Penting Suspensi

Ganti Jika Sudah Rusak

Dalam sistem kerjanya, suspensi akan bekerja sama dengan ban serta rem. Ketiganya tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu terdapat masalah, maka akan mengganggu kinerja dari dua piranti lainnya. Jika terus dibiarkan maka akan merembet ke piranti lain dan akan merusak performa dan kondisi mobil. Parahnya lagi, keselamatan pengendara akan terancam.

Penggunaan mobil pada jalan yang berkontur tidak rata berdampak sangat signifikan pada kondisi suspensi. Umumnya suspensi terdiri dari shockbreaker dan pegas. Jika terus menerus digunakan untuk menyokong mobil dalam keadaan medan yang berat, maka suspensi akan semakin cepat mengalami kerusakan. Jika mobil Anda serig berhadapan dengan medan yang demikian, maka Anda harus sering mengontrol kondisi suspensi..

Cara Kerja Suspensi Mobil

Sebagai pemilik mobil maka sudah sepantasnya Anda mengontrol kondisi mobil. Suspensi juga harus dirawat terutama jika Anda sudah menemukan gejala-gejala kerusakannya. Ada beberapa kondisi yang menjadi awal tanda kerusakan suspensi.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan permukaan ban. Ban yang tidak rata permukaannya maka  bisa jadi disebabkan oleh turunnya kinerja shockbreaker. Jika shockbreaker bekerja normal, maka keausan ban akan merata. Selain itu selalu perhatikan ketinggian mobil terutama saat akan melewati jalan rusak. Jika posisi ban menyentuh bagian dalam sepatbor, maka sudah waktunya Anda mengganti suspensi.

Tanda kerusakan shockbreaker yang lainnya adalah ketika mobil nampak berayun dengan cepat tidak seperti pada awal Anda menggunakannya. Ciri yang terakhir adalah adanya lelehan oli pada suspensi. Jika ini terjadi, jangan tunggu lagi untuk segera membawanya ke bengkel.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *