Friday, 30/10/2020 | 11:10 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Efektif Tingkatkan Tenaga Mesin Mobil Anda

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Otolibs.com – Keadaan mesin mobil memang akan sangat mempengaruhi performa dari mobil yang sedang anda kendarai. Mesin yang prima tentu akan memberikan performa terbaik yang akan membuat anda puas dengan performa mobil anda. Namun, tidak jarang, beberapa pengendara mengeluhkan mesin standard mobil mereka yang dirasa kurang bertenaga terutama untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Solusi dari masalah ini tentu saja adalah meningkatkan horsepower atau tenaga mesin. Dengan tenaga mesin yang lebih tinggi, performa mesin akan lebih maksimal dan perjalanan anda akan jauh lebih menantang serta berkesan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan tenaga mesin mobil anda agar lebih prima, sebagaimana dirangkum dalam penjelasan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin

Mengganti Chip Komputer

Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan tenaga mesin mobil adalah dengan mengganti chip ROM dalam ECU atau engine control unit. Penggantian chip ini akan membuat mesin mampu memaksimalkan input yang ada dan mengeluarkannya dengan daya mesin yang lebih besar. Namun, penggantian chip ini akan maksimal dalam menghasilkan tenaga yang lebih besar jika dibarengi dengan modifikasi air intake dan air output.

Modifikasi Sistem Pembuangan

Memodifikasi sistem pembuangan dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan tenaga mesin. Dalam hal ini, sistem pembuangan atau knalpot dapat diganti menggunakan pipa besar, header, dan juga free flow muffler yang berfungsi untuk mengurangi hambatan udara sehingga pembuangan akan menjadi lebih lancar dan tenaga akan lebih maksimal.

Memasang Turbocharger

Cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan tenaga mesin adalah dengan memasang turbocharger. Ini adalah cara efektif yang bisa digunakan dengan memampat udara yang masuk dalam silinder mesin. Dengan cara ini, jumlah oksigen dalam silinder akan bertambah dan pembakaran akan lebih maksimal. Namun, saat hendak memasang turbocharger, maka jangan lupa untuk mengganti silinder dengan ukuran yang lebih besar.

Beberapa cara di atas dapat dijadikan sebagai langkah efektif untuk meningkatkan kinerja mesin mobil anda. Tentu, untuk hasil yang lebih maksimal, serahkan pada ahli mesin mobil dan konsultasikan terlebih dahulu masalah yang anda hadapi terkait mesin mobil anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *