Wednesday, 21/10/2020 | 1:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Mencampur Oli Sembarangan Pada Mobil

Bahaya Mencampur Oli Sembarangan Pada Mobil

Otolibs.com – Banyaknya pengguna mobil di Indonesia membuat produsen pelumas oli semakin menjamur dengan memberikan oli-oli baru yang memiliki berbagai keunggulan. Meski pada dasarnya fungsi oli yaitu untuk melumasi mesin bagian dalam mobil supaya tetap berjalan mulus, tetap sebagai pendingin mesin, dan meminimalisisr gesekan antar logam yang bisa menyebabkan keausan. Meskipun semua oli memiliki fungsi yang sama namun diharapkan pengguna mobil tidak mencampur sembarang oli.

Efek Sering Mengganti Oli Beda Merk

Mesin Panas

Masalah yang kerap muncul ketika Anda mengganti oli yang berbeda merk adalah mesin menjadi panas, hal ini dikarenakan oli yang baru mengandung bahan-bahan yang jika tercampur dengan bahan dari oli yang lama bisa menimbulkan reaksi kimia serta menimbulkan jenis bahan lain yang akan berdampak pada oli menjadi kurang baik dalam melumasi gear dan perangkat dalam mesin. Hal tersebut menyebabkan mesin panas ketika kendaraan digunakan.

Menimbulkan Endapan atau Kerak

Bahan atau senyawa pada oli campuran dikhawatirkan bisa menyebabkan kerak pada mesin dan jika dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan performa mesin menurun. Jika sudah terlanjur tercampur hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flashing atau pembersihan oli lama. Caranya hanya dengan ganti oli lama dengan oli merk baru kemudian nyalakan mesin sehingga oli baru bisa mencapai seluruh bagian mesin, setelah itu buang oli tersebut dan masukan oli baru untuk mengganti oli lama.

Jika terlalu sering mencampur oli beda merk tidak menutup kemungkinan kendaraan bisa mati total dan harus dilakukan bongkar mesin.

5 Jenis Oli Mobil

Oli Mesin

Oli ini digunakan untuk melumasi bagian mesin mobil. Fungsi dari oli mesin adalah untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen di mesin mobil, membersihkan serpihan logam yang diakibatkan gesekan komponen satu dengan lainnya, serta mampu mendinginkan mesin mobil Anda.

Oli Transmisi

Oli yang digunakan pada sistem transmisi, gunanya untuk mempermudah pergantian pada gigi mobil dan merawat komponen-komponen transmisi supaya terhindar dari keausan.

Oli Gardan

Oli yang berfungsi untuk memberi pelumas yang menghubungkan transmisi ke gardan supaya kerja mesin tetap lancar.

Oli Rem

Oli ini dikenal dengan minyak rem yang berfungsi sangat penting dalam pengereman karena mempengaruhi fungsi pengereman mobil Anda.

Oli Power Streering

Oli ini adalah sistem kemudi kendaraan dengan menggunakan tenaga hidrolik sehingga meringankan setir kendaraan Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *