Wednesday, 28/10/2020 | 2:48 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bajaj-Triumph, Pesaing Royal Enfield 750

Bajaj Triumph Pesaing Royal Enfield 750

Otolibs.com – Baru-baru ini, Bajaj Auto bekerja sama dengan Triumph Motorcycles membuat sebuah varian motor kelas menengah dengan kapasitas di bawah 800cc. Motor teranyar yang diklaim akan menjadi pesaing Royal Enfield 750 tersebut diberi nama Bajaj-Triumph. Menurut informasi, pemroduksian motor ini akan dilakukan di pabrik Bajaj Auto Chakan.

Kolaborasi antara dua pabrikan ini akan semakin mendorong kenaikan kemampuan Bajaj-Auto dalam menghasilkan motor yang memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar, terkhusus 400-800cc. Rencananya, motor baru ini akan diluncurkan dan menyasar para rider di Afrika dan Asia, termasuk juga Indonesia.

Mengintip Spesifikasi Bajaj-Triumph

Untuk Segmen Menengah

Motor konsep tersebut memang merujuk pada motor mid-capacity. Hal ini sudah dikonfirmasi langsung oleh CEO Triumph yaitu Nick Bloor saat melakukan wawancara dengan Business Standard. Kolaborasi ini juga diharapkan akan meningkatkan penjualan motor terutama di negara berkembang. Keyakinan ini dilandasi dengan peningkatan progres penjualan dari beberapa waktu yang lalu.

Walaupun belum ada pernyataan resmi mengenai mesin serta spesifikasi detail lainnya, tetapi jika melihat latar belakang dari kedua perusahaan maka hasil akhir motor baru ini pasti akan menarik. Seperti yang kita ketahui Triumph adalah pabrikan motor asal Inggirs yang sudah sangat ternama karena produksi motor besarnya. Lagipula mereka yang mengoleksi motor keluaran Triumph jelas adalah kalangan berduit.

Kerja sama dengan Bajaj akan membawa keuntungan, yaitu bisa menyasar segmen yang lebih luas, bukan hanya negara Eropa saja. Tetapi tentu saja Triumph harus menurunkan harga agar bisa diterima. Selain itu, kolaborasi dengan Bajaj bertujuan mengurangi pajak karena diproduksi di India.

Menurut kabar yang beredar, motor Bajaj-Triumph nantinya akan diproduksi ke dalam dua varian, yaitu model naked dan model sport fairing dan juga model naked. Harapannya, varian naked nanti akan menghasilkan motor yang setara dengan motor hasil kerja sama TVS dan BMW Motorrad yang menghasilkan G310R.

Karena diproduksi di India, maka tentunya motor Bajaj-Triumph akan dipasarkan pertama kali di India. Barus setelahnya dipasarkan di negara yang sudah dimasuki oleh Triumph dan Bajaj sebelumnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *