Tuesday, 20/10/2020 | 12:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Cara Bersihkan Kaca V-Kool Yang Benar

Begini Cara Bersihkan Kaca VKool Yang Benar

 

Otolibs.com – Perlengkapan wajib yang harus ada di kaca mobil sebagai perlindungan adalah kaca film. Salah satu merk kaca mobil yang sudah sangat terkenal adalah merk V-Kool yang merupakan sebuah produk berkelas premium. Sama seperti bagian lain dari mobil, bagian kaca juga seringkali harus mendapatkan perawatan terlebih jika kaca sudah terlihat kotor.

Namun perawatan yang keliru hanya akan membuat kaca film menjadi tidak awet dan rusak. Padahal perawatan dan pembersihan kaca film ini sangat mudah dan Anda tidak perlu menggunakan jasa profesional guna melakukannya. Hanya saja, Anda perlu mengetahui apa yang boleh dan tidak untuk merawatnya.

Cara Perawatan Kaca Film

Penggunaan Bahan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membersihkan kaca film adalah penggunaan cairan pembersih. Penggunaan sabun untuk merawat kaca film sangat tidak dianjurkan, namun harus memakai glass cleanser yang memang formulanya dirancang khusus untuk kaca. Jika dalam kondisi darurat dan Anda tidak memiliki glass cleaner, maka cairan ini bisa diganti dengan shampoo bayi.

Busa yang dihasilkan shampoo bayi sangat lembut sehingga aman untuk kaca film. Selain itu, shampoo bayi juga tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang tidak akan merusak lapisan kaca.

Selain cairan pembersih, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan lap. Untuk membersihkan kaca film dianjurkan untuk menggunakan lap berbahan microfiber. Selain harganya yang terjangkau, microfiber juga tidak akan meninggalkan bekas baret pad lapisan kaca.

Lap lembut sebenarnya tidak dianjurkan karena tidak selembut microfiber, tetapi masih dapat digunakan jika sangat terpaksa. Selain itu, lap yang sama sekali tidak boleh digunakan adalah lap kain dan juga tisu. Kedua bahan tersebut cenderung merusak lapisan kaca. Kemudian, jangan mencampur penggunaan lap. Pisahkan lap untuk kaca dengan lap untuk perabot lainnya.

Kondisi Cuaca

Sebenarnya tidak ada perbedaan penggunaan kaca film untuk daerah yang berbeda karakteristik cuaca dan geografinya, hanya saja untuk daerah pesisir memang dianjurkan menggunakan bahan kaca film tanpa metal. Kemudian untuk cara memoles lap, lakukan hanya di bagian luar saja, tidak perlu hingga ke lapisan dalam.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *