Tuesday, 20/10/2020 | 11:23 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Muda Deteksi Rangka Mobil Ala Penjual Mobil Bekas

Cara Deteksi Rangka Mobil Ala Penjual Mobil Bekas

Otolibs.com – Akhir-akhir ini banyak sekali terdapat kasus pencurian mobil-mobil yang telah terungkap oleh Polda Metro Jaya. Demi kelancaran pelaku pencurian untuk menjual mobil curiannya agar tidak diketahui para calon konsumen dengan mengganti nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada kendaraan tersebut.

Sementara untuk kelengkapan surat kendaraan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), para pelaku mendapatkannya melalui perusahaan asuransi yang melelang surat mobil bekas kecelakaan. Namun banyak pedagang mobil bekas yang tidak mau tertipu dengan surat oplosan tersebut. Sebelum membeli kendaraan bekas dengan harga murah penjual akan jeli dalam memperhatikan signifikansi fisik mobil

Cara Mendeteksi Rangka Mobil Curian

Lihat Pada Kolong Mobil

Kebiasaan pertama para penjual mobil bekas dalam melihat rangka mobil curian adalah dengan melihat dan memeriksa pada kolong mobil, namun hal ini tergantung pada jenis mobil. Apabila pada kolong mobil kita menemukan nomor rangka yang tertulis miring dan tidak rapi maka sudah dapat dipastikan bahwa mobil tersebut adalah mobil curian yang akan dijual kembali.

Untuk beberapa kendaraan dengan merek tertentu asal jepang  seperti Toyota Innova terdapat cara yang berbeda untuk melihat nomor rangka mobil, yaitu pada dekat ban depan dan berada di sebelah kiri. Sedangkan merek Avanza, nomor rangka mobil cukup mudah dilihat karena berada di sebelah mesin.

Mengecek Kendaraan Di Samsat

Apabila kita ingin cara yang gampang dan praktis serta mobil bekas akan digunakan untuk keperluan pribadi maka akan lebih baik jika kita mengecek langsung dan membawa kendaraan tersebut ke kantor Samsat. Disana terdapat komputer yang akan mengecek fisik dan akan langsung ketahuan aslinya. Untuk mobil pada nomor mesin terdapat titik-tut8k yang sudah komputer buat.

Lihat Besi Yang Dipotong

Teknik memalsukan nomor rangka adalah dengan memotong besi tempat nomor rangka kemudian dipindah ke mobil lainnya.  Untuk melihat nomor rangka asli atau palsu perhatikan bagian sekitarnya ada las-lasan atau tidak. Mobil yang nomor rangkanya dipindahkan pasti ada bekas lasnya. Antisipasi lain adalah dengan memperhatikan jenis huruf dan dimensi tulisan lainnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *