Saturday, 31/10/2020 | 4:04 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mudah Cegah Motor Mengalami Overheat

Cara Mudah Cegah Motor Mengalami Overhead

Otolibs.com – Motor yang tiba-tiba tidak memiliki tenaga padahal kondisi mesin sedang aktif dan bahkan tuas gas sudah ditarik dengan kita serta motor sudah loyo tak bertenaga dengan muncul bau gosong sangit pada mesin merupakan beberapa tanda mesin mengalami panas berlebih atau sering disebut overheat.

Overheat bisa terjadi pada motor yang memiliki teknologi pendingin cairanmaupun udara. Beberapa tanda overheat mensin sangat mudah dikenali pada sepeda motor keluaran tahun terbaru. Pasalnya pada cluster panel motor terbaru sudah dilengkapi dengan indikator kondisi mesin. Sama seperti indikator posisi gigi perseneling yang apabila mesin terlalu panas akan menyebabkan mesin indikator menyala.

Penyebab Dan Pencegahan Overheat Pada Motor

Penyebab Overheat Motor

Penyebab utama panasa motor yang berlebihan adalah oli yang tidak mengalir serta clearance piston yang terlalu rapat. Oli yang tidak terdistribusi normal dan seher piston yang berada pada liner silinder terlalu rapat akan menyebabkan seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa dan macet. Jika dipaksa terus berjalan maka akan mengakibatkan patahnya blok mesin bahkan hal yang kebih fatal adalah jebol.

Apabila penyebab overheat adalah oli yang tidak terdistribusi normal atau oli tidak mengalir dengan baik maka akan menimbulkan kerusakan pada noken as. Selain itu piston, kruk as dan laher akan rusak. Ini disebabkan komponen tidak bekerja dalam panas tanpa adanya pelumas. Jika semua komponen tersebut rusak maka kita harus siap siap mengeluarkan dana yang besar.

Pencegahan Overheat Pada Motor

Apabila masalah tersebut terjadi pada motor kita, langkah awal yang harus dilakulan adalah jangan panik dan segeralah bawa motor ke tempat yang sepi dan menggunakan standar tengah. Tetap pastikan mesin motor dalam keadaan dingin. Setelah itu lepaskan busi dan masukan oli yang masih baru sebanyak sepuluh tetes atau setengah sendok makak pada busi melalui lubang busi.

Hal ini adalah salah satu cara untuk melumasi piston yang mampat karena tersumbat. Setelah dirasa cukup kemudian lakukan pemanasan pada mesin dengan cara menghidupkan mesin dengan stater otomatis satu hingga tiga menit. Hal tersebut bertujuan agar oli yang dimasukan melalui lubang busi bisa merembes dan melumasi piston sehingga bisa kembali bergerak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *