Monday, 26/10/2020 | 4:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Faktor Penghambat Masa Depan Mobil Listrik

Faktor Penghambat Masa Depan Mobil Listrik

Otolibs.com – Di masa depan nantinya akan hadir mobil yang beredar di pasaran Indonesia, mobil tersebut tidak hanya mengandalkan mesin konvensional. Akan ada gebrakan baru di mana sumber tenaga dari mobil jenis ini adalah energi listrik baik berupa model hibrida maupun model dengan listrik murni.

Model mobil listrik dibuat dengan asupan tenaga listrik yang berkonsep ramah lingkungan. Karena pembuangan pada mobil ini tidak mengeluarkan emisi gas buang. Dari beberapa kelebihan di atas ternyata mobil listrik masih terdapat beberapa kelemahan yang berasal dari sumber energinya. Sebuah arus listrik yang dibutuhkan mobil listrik berasal dari pembangkit listrik.

Penghambat Keberadaan Mobil Listrik di Masa Depan

Bahan Pembangkit Listrik Yang Tidak Ramah Lingkungan

Meskipun pada awal penjelas sudah diterangkan bahwa mobil listrik disinyalir akan ramah lingkungan, ternyata hal tersebut tidak selamanya benar. Untuk beberapa pembangkit listrik yang menggunakan bahan baku batu bara, maka mobil listrik tidak sepenuhnya ramah lingkungan. Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan apabila batu bara digunakan terus menerus secara berkelanjutan maka semakin lama akan semakin menipis.

Batu bara juga mengancam kehidupan manusia karena polusi batu bara yang dihirup bisa menyebabkan beberapa penyakit yaitu kanker paru-paru, stroke, dan gangguan pernafasan. Polusi batu bara sangat membahayakan keberlangsungan hidup masyarakat, batu bara akan mengeluarkan partikel PM 2,5 yang sangat mudahmasuk pada tubuh manusia melalui udara yang dihirup, hal ini menyebabkan risiko kanker yang lebih tinggi.

Polusi Pada Produksi Baterai

Agar mobil listrik bisa berjalan dibutuhkan baterai yang nantinya akan menyimpan daya. Baterai yang digunakan tersebut membutuhkan beberapa proses pembuatan yang menghasilkan beberapa polusi terhadap lingkungan. Ditambah dengan masa pemakaian baterai yang singkat dan mudah habis, maka baterai tidak dapat didaur ulang dan nantinya akan menambah sampah.

Meskipun demikian teknologi otomotif saat ini, termasuk baterai akan terus berkembang. Baterai tersebut tidak hanya dikembangkan dengan litium yang nantinya diharapkanmampu memperpanjang masa pemakaianbaterai dan mempercepat waktu pengisian.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *