Wednesday, 28/10/2020 | 3:25 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Faktor Penyebab Speedometer Motor Mati

Faktor Penyebab Speedometter Mati

Otolibs.com – Speedometer berguna untuk megetahui kecepatan dari kendaraan, sehingga pengemudi dapat mengatur dan membatasi laju kendaraan. Namun jika spedometer motor kita mati dan kita tidak bisa mengetahui atau mengontrol laju kecepatan pada motor, maka hal ini menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan motor di jalan raya.

Apabila jarum atau angka yang terdapat pada speedometer motor kita tidak bergerak padahal kita sedang melaju dengan kencang, hal tersebut menunjukan bahwa speedometer kita mati. Untuk mengurangi adanya kecelakaan motor akibat spedometer yang mati, maka kita perlu mengetahui penyebab matinya speedometer sehingga akan ada perawatan khusus.

Penyebab Spedoometer Motor Mati

2Kabel Terputus

Terputusanya kabel pada speedometer bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kabel tertekuk atau tertarik. Untuk faktor ini sebaiknya kita lebih hati-hati ketika membersihkan kabel agar kabel tidak tertarik atau tertekuk. Faktor lain yang menjadikan kabel terpitus adalh karat pada kabel speedometer, karat pada kavel biasanya disebakan karena adanya air yang masuk ke dalam saat kita mencuci motor, sehinggalebih baik jika kita langsung mengeringkanya dengan kain.

Penyebab terputusnya kabel speedometer selanjutnya adlah usia kabel yang sudah lama. Kabel yang lama biasanya akan mudah tekikis dan rusak karena ketahanannya sudah mulai berkurang oleh sebab itu kita pwelu mengganti kabel yang lama dengan yang baru secara berkala.

Gearbox Rusak

Gearbox memiliki fugsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke dalam bagian mesin lainnya sehingga dapat menghasilkan gerakan baik berputar maupun bergeser. Gearbox bisa rusak karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, pemasangan gearbox yang kurang pas, gear box dalam kondisi pecah, serta gearbox yang aus. Gearbox yang aus menunjukan bahwa gigi di dalamnya sudah mengecil dan harus segera diganti.

Speedometer Rusak

Jarum pada speedometer tidak dapat bergerak biasanya disebabkan oleh speedometer yang rusak. Sedangkan kerusakan tersebut juga di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu speedometer pecah, jarum speedometer macet dan per-speedometer patah. Setelah mengetahui beberapa penyebab spedometer mati maka apabila ditemukan hal tersebut segera bawa ke bengkel terdekat untuk ditangani tenaga mekanik yang ahli pada bidangnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *