Sunday, 25/10/2020 | 5:29 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Fitur Keamanan Baru Dari Toyota untuk Pengemudi Lanjut Usia

Keamanan Baru Dari Toyota untuk Pengemudi Lanjut Usia

Otolibs.com – Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan salah menekan pedal rem dengan pedal gas, yang harusnya berhenti justru melaju lebih kencang. Hal tersebut sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia yang bisa disebabkan penglihatan mereka kurang fokus atau kondisi yang kurang sigap dalam menghadapi hal yang mendadak. Toyota Motor Corp yang sadar akan hal ini akan meluncurkan fitur keselamatan pada mobil yang diharapkan dapat terpasang 90% di mobil pada akhir Maret 2019.

Bernama Intelligent Clearance Sonar atau ICS, yang mana sistem ini dapat mengenali hambatan di sekeliling kendaraan saat parkir, berhenti, maupun ketika jalan-jalan. Dalam waktu yang sama ICS akan mencegah akselerasi yang mendadak dengan mengurangi engine output kemudian mengaktifkan pengereman. Hal ini mirip dengan fitur pengereman otomatis, bedanya adalah pada pengereman otomatis hanya fokus pada objek di depan mobil dengan memanfaatkan sensor.

Sedangkan Intelligent Clearance Sonar akan otomatis aktif pada saat gas ditekan secara mendadak meskipun ada objek penghalang di depan mobil. Fitur ini sebenarnya sudah dikenalkan pada 30% mobil Toyota, terutama untuk segmen yang mewah dan besar. Dan pada awal tahun 2019 diharapkan sistem ini sudah bisa dipasang pada mobil yang populer dikalangan lanjut usia.

Hal yang Diperhatikan Sebelum Mengemudi Bagi Lanjut Usia

Penglihatan

Penglihatan merupakan hal terenting sebelum Anda memulai mengendarai mobil. Seperti yang Anda ketahui jika semakin tua usia seseorang maka fungsi penglihatan akan semakin menurun. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan sebelum mengendarai mobil seperti dengan Anda mencoba membaca petunjuk jalan, mengenali seseorang dari seberang jalan, seberapa sulit melihat saat sore hari maupun malam hari.

Apabila hasil pemeriksaan di atas Anda menjawab “Ya” maka alangkah baiknya sebelum mengemudi gunakanlah kacamata yang sesuai dan pastikan kaca mobil serta spion jernih supaya tidak mengganggu penglihatan.

Kemampuan Mengendalikan Kendaraan

Ketika Anda mengalami kesulitan menoleh ke belakang, sulit memindahkan kaki dari pedal gas ke pedal rem, atau sulit untuk memutar setir mobil maka sebaiknya periksakan diri Anda kedokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika perlu lakukanlah terapi untuk mengembalikan kebugaran Anda. Resiko kecelakaan ketika berkendara pada lansia memang sering terjadi karena kondisi yang kurang prima. Akan lebih baik jika menggunakan supir pribadi atau keluarga untuk mengantarkan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *