Friday, 23/10/2020 | 6:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Perpanjang Umur Aki Kering

Tips Perpanjang Umur Aki Kering

Otolibs.com – Bisa dikatakan semua pemilik sepeda motor baik motor matic, bebek, maupun kopling saat ini lebih memilih menggunakan aki kering untuk motor kesayangannya. Menurut mereka aki kering dianggap lebih praktis dan efisien dan memiliki berbagai manfaat serta keunggulan apabiladibandingkan dengan aki jenis basah.

Meskipun aki kering memiliki banyak manfaat dan keunggulan dibanding aki basah, untuk mendapatkan umur yang panjang maka pemilik harus melakukan perawatan pada aki dengan tepat, agar usia aki dapatdipakai jauh lebih lama.

Cara Meningkatkan Usia Aki Kering

Gunakan Motor Sesering Mungkin

Cara pertama dan mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar aki kering motor kesayangan kita tetap awet adalah dengan menggunakan motor kita sesering mungkin. Perlu kita ketahui bahwa motor yang tidak sering digunakan bukan malah membuat motor kita awet tapi justru membuat motor kita semakin rusak, hal ini terjadi juga pada aki kering yang digunakan.Maksimalkan aktivitas sehari-hari kita dengan motor kesayangan, karena aktivitas tersebut membuat pengisian listrik selalu stabil.

Panaskan Motor Setiap Pagi

Apabila aktivitas kita tidak didukung dengan motor, maka untuk menjaga aliran listrik selalu stabil kita perlu memanaskan motor setiap pagi hari selama 5 menit. Karena motor yang tidak panas dan jarang digunakan biasanya apabila digunakan pada awalnya akan sulit dinyalakan akibat aliran listrik tidak stabil dan akan memakan waktu. Aki juga memerlukan perawatan yang baik dan tidak boleh didiamkan dalam keadaan dingin.

Hindari Jalan Berlubang

Untuk menambah keawetan pada aki, saat berkendara kita diajurkan untuk tidak lewat jalan yang rusak dan sebisa mungkin menghindari jalaan yang berlubang. Apabila kita lewat jalan yang berlubang akan mengakibatkanguncangan pada motor dan aki kan mudah rusak apabila sering terjadi guncangan.

Gunakan ElectricStarter dan Selalu Cek Posisi Terminal Aki

Pada saat menggunakan sepeda motor sangat dianjurkan untuk menggunakan electric starter kecuali pada saat kita memanakanmesin motor pada pagi hari. Hal ini dapat membantu menyebarkan oli di semua komponen motor. Selain itu kita juga jangan lupa mengecek posisi kabel pada terminal aki, selalu usahakan aki tertutup rapat untuk mencegahterjadinya konslet apabila lembap.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *