Wednesday, 21/10/2020 | 1:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Trik Cepat Lancar Mengemudi Mobil Manual

Trik Cepat Lancar Mengemudi Mobil Manual

Otolibs.com – Mengemudi mobil dengan cara manual bagi sebagian besar orang terutama bagi pemula merupakan hal yang cukup sulit. Namun pada dasarnya, untuk mengendarai sebuah mobil cara dan prinsip yang digunakan sama bagi semua jenis mobil. Bagi pemula sebaiknya hindari hal-hal kompleks terlebih dahulu saat mengemudi mobil manual, cukup perdalam teknik injak rem saja jika menginginkan mobil melaju lebih pelan. Namun tidak dipungkiri terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan.

Cara Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengemudi Pemula

Mengenali  Elemen dan Fitur Kendaraan

Cara awal agar kita mudah dan lancar mengendarai mobil manual adalah dengan mengenali kendaraan yang digunakan, seperti elemen serta fitur yang dimiliki kendaraan. Bagi pemula diharuskan belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau sering disebut dengan persneling yang memuat angka dari 1 hingga 5, serta posisi netral. Selain hal itu kita juga harus tahu posisi R untuk posisi mundur.

Banyak Berlatih

Hal terpenting bagi pemula adalah banyak berlatih, dan pada tahap ini sangat disarankanbagi pemula untuk memilih lokasi yang sepi dan luas agar bisa dijadikan tempat latihan. Dengan tempat yang memungkinkan akan membuat kita lebih leluasa dalam berkendara dan cukup efektif untuk membantu diri membiasakan untuk menyetir mobil di jalan.

Pastikan Sedang Dalam Kondisi Baik Saat Mengemudi

Sebelum mengendarai mobil akan lebih baik jika kita memastikan diri bahwa kondisi badan sedang baik, yaitu dalam keadaan tenang dan penuh konsentrasi. Karenaapabila kita sedikit gemetaran akan mengakibatkan hal yang buruk, sehingga disarankan untuk lebih santai.

Perhatikan Penyalaan Mobil

Sebagai pemula kita harus memperhatikan Penyalaan mesin mobil. Karena pada saat dinyalakan kendaraan harus dalam keadaan netral. Ketika mesin mobil sudah menyala kita harus mengetahui bahwa pada kaki sekarang terdapat tiga pedal, kanan untuk gas, kiri untuk kopilah dan tengah untuk rem.

SeimbangkanRem dan Gas Serta Selalu Siaga Rem

Pada saat kita menginjakkan gas, kopling harus kita angkat pelan-pelan. Serta pada bagian gas jangandiinjak kencang sementara kopling belum terangkat keran dapat menyebabkan suara yang kasar. Jika gas diinjak terlalu kencang dan kopling belum terangkat bisa mengakibatkan mobil mati atau tersendat. Setiap naik turun gigi kopling harus diinjak dan kita harus selalu siaga rem.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *