Tuesday, 27/10/2020 | 9:55 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Trik Memainkam Rem Tangan Saat Kendaraan Mobil Blong

Trik Memainkan Rem Tangan Saat Keadaan Blong

Otolibs.com – Kasus mengenai kecelakaan mobil yang disebabkan mobil mengalami rem blong menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar pengemudi.  Karena dampak dari kejadian tersebut sangatlah fatal bahkan dapat menimbulkan banyak korban. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kasus tersebut, hal pertama yang dibutuhkan adalah teknik dan skill khusus yang harus digunakan ketika mobil mengalami kejadian yang rem blong.

Sebelum kita memperlajari teknik untuk menghentikan mobil ketika mobil blong, kita perlu mengetahuo penyebabnya terlebih dahulu. Kejadian ini biasanya disebabkan karena kebocoran minyak pada saluran rem, seal rem yang sudah aus, kanvas habis dan sebagainya. Agar kita tak mengalami hal itu maka kita perlu merawat mobil secara berkala.

Cara Memainkan Rem Tangan Saat Rem Mobil Dalam Keaadan Blong

 

Tenang dan Tidak Panik

Untuk mengantisipasi keadaan mobil yang mengalami rem blong ketika melaju kita memerlukan beberapa langkah untuk meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi. Ketika mobil megalami rem blong sikap yabg harus dilakukan adalah tidak panik, karena dengan sikap ini maka kita dapat mengantisipasi beberapa hal yang dapat diterapkan ketika mobil blong dengan baik. Jika rasa percaya diri ada maka dengan sendirinya kita yakin bahwa permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cara benar.

Injak dan Lepaskan Pedal Secaa Berulang-Ulang

Langkah selanjutnya adalah injak dan lepas pedal  rem secara berulang-ulang, hal ini dilakukan agar kita mendapatkan momentum sistem rem yang kemungkinan bekerja normal kembali. Kemudian arahkan kendaraan ke jalur lambat atau pada sisi kiri jalan agar mendapatkan penghentian yang aman. Secara bersamaan nyalakan lampu hazard dan klakson mobil agar pengendara lain mengerti adanya keadaan rem blong, sehingga mereka akan segera memberikan jalan.

Pindahkan Gigi Lebih Rendah

Apila point tadi tidak berhasil maka langkah berikutnya adalah memindahkan gigi ke paling rendah agara kita bisa mendapatkan pengereman dari mesin. Sehingga akan terjadi perlambatan pada kendaraan. Pada saat kecepatan mobil berkurang, tarik rem tangan dengan kuat ketika membutuhan pengereman yang lebih. Rem tangan dapat membantu memecahlan masalah ini ketika kita sudah menurunkan gigi secara bertahap, lakukan teknik ini ketika mobil tidak mengalami pengereman secara drifting.

 

Tabrakan Mobil Pada Benda Lunak Atau Minim Risiko

Jika beberapa langkah di atas tak berhasil dan tidak kondisi lalu lintas disekitar tidak mendukung maka langakah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengahentikan mobil dengan darurat. Caranya adalah dengan menabrakan mobil pada benda lunak atau minim risiko seperti gundukan pasir, gundukan tanah, dan pagar kayu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *