Tuesday, 20/10/2020 | 5:34 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Gejala Kerusakan Rem Mobil yang Harus Dikenali

1 Gejala Kerusakan Rem Mobil yang Harus Dikenali

Otolibs.com – Rem merupakan bagian vital dari kendaraan yang harus diperhatikan. Hal ini mutlak penting karena rem akan mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara. Rem yang berfungsi untuk menghentikan putaran roda juga menjadi salah satu fitur keamanan mobil. Rem yang bekerja dengan baik tentu akan membuat anda merasa aman dan nyaman saat mengemudikan mobil anda. Begitu pula sebaliknya, rem yang tidak berfungsi dengan maksimal akan membuat pengemudi was-was dan bisa saja terjadi kecelakaan karenanya.

Sayangnya, banyak beberapa pengemudi yang terkesan acuh tak acuh pada hal ini. Mereka seringkali kurang memperhatikan kondisi rem mereka dan tidak tahu bahwa ternyata rem mobil mereka bermasalah. Berikut kita akan membahas beberapa gejala kerusakan pada rem mobil yang sebaiknya anda tahu demi kenyamanan yang lebih saat berkendara.

Gejala Kerusakan pada Rem Mobil

Getar

Gejala yang cukup sering muncul sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi rem mobil adalah getar. Getaran pada rem ini muncul ketika pedal rem diinjak dan akan terasa semakin parah ketika mobil melaju pada kecepatan yang lebih tinggi. Dalam hal ini, getaran muncul disebabkan oleh tromol rem yang sudah tidak rata lagi. Jika hal ini dibiarkan, maka rem akan tidak pakem dan cukup berbahaya bagi pengendara, terutama dalam kondisi perjalanan jauh.

Pedal Terasa Keras

Pedal yang terasa keras saat diinjak juga merupakan salah satu gejala kerusakan rem mobil yang harus senantiasa diperhatikan demi kenyamanan berkendara. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada booster yang dipasang dalam rangkaian rem. Oleh karena itu, jika pedal terasa keras, baiknya anda segera mengecek rangkaian rem dan mengganti booster jika perlu.

Rem Tidak Pakem

Ketika anda menginjak rem dan mobil masih membutuhkan beberapa meter untuk berhenti, ini merupakan tanda bahwa rem dari mobil anda sudah tidak pakem. Penyebab dari masalah ini adalah kampas rem yang sudah mulai tipis dan juga piringan yang terkikis. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan berkendara dan terkadang menjadi berbahaya ketika anda mengindari kendaraan lain dengan tiba-tiba.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *