Tuesday, 20/10/2020 | 2:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Truk Listrik Pertama Fuso Yang Dikirim Daimler

Fuso eCANTER

Otolibs.com – Saat ini Mitsubishi Fuso mulai membawa kendaraan purwarupa yang berupa tenaga listrik dalam sebuah ajang pameran. Tidak hanya menampilkan truk niaga saja, truk llistrik ini juga menjadi ikon stan Fuso dan tampil dengan perpaduan warna biru hitam.

Perusahaan tersebut memluai produksi pertama di Portugal dan Jepang. Sedangkan untuk konsumen sebagai penyokong ada perusahaan yang bernama Daimler dan kedua perusahaan tersebut saling bekerja sama untuk menghasilkan truk listrik yang terbaik.

Truk Listrik Pertama Fuso

Truk listrik pertama Fuso dilihat sekilas hampir sama dengan truk Fuso lainnya. Tapi jika kita perhatikan lebih detail, ada beberapa perbedaan dalam beberapa sektor kendaraan tersebut.

Perbedaan sektor tersebut ada pada kotak yang bertuliskan baterai dan ada pada bagian bawah. Sedangan pada bagian belakangnya terdapat instalasi untuk pengisian daya dari battery tersebut.

Truk listrik tersebut di bawa ke Indonesia untuk pertama kalinya, sudah diuji dan berfungsi dengan baik. Dikabarkan sampai akhir tahun akan ada 150 unit pertama yang akan disitribusikan,

Truk listrik ini mampu menampung beban sampai 3 ton, memiliki interior yang sudah lengkap dengan panel modern, layar 12 inci dan fitur keyless push start button. Sedangkan semakin berkembangya teknologi, maka akan ada peningkatan teknologi yang lebih maju lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Kapasitas Battery

Pasar truk listrik memang sedang dalam masa pertumbuhan, beberapa produsen seperti Navistar Interntional, Tesla, pendatang baru dan juga Daimler. Produsen-produsen tersebut saling berlomba-lomba dalam segmen tersebut dan mengatasi tantangan untuk mengganti mesin diesel dalam menurunkan tingkat polusi di jalanan.

E-Canter dimodali dengan baterai ion-lithium sebanyak 6 buah, masing-masing baterai berkapasitas 13.8 kWh dan memiliki voltase tinggi untuk penyaluran tenaga masuk ke motor listrik tersebut.

Baterai dengan kapasitas 13.8 kWh ini dipasok oleh perusahaan Daimler dan sepenuhnya memiliki fungsi untuk penggerak dari truk listrik dari perusahaan Fuso. Sedangkan mobil truk tersebut sudah mampu menempuh jarak 100 km dalam kondisi baterai penuh dan cocok digunakan untuk keperluan niaga di dalam kota.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *