Tuesday, 20/10/2020 | 12:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

5 Tanda Deteksi Kondisi Untuk Ganti Ban

5 Tanda Deteksi Waktu Untuk Ganti Ban

Otolibs.com – Salah satu kejadian yang mampu mengakibatkan kecelakaan kendaraan dengan parah adalah ban yang pecah. Pecahnya ban biasanya datang dengan tiba-tiba, bahkan ketika kendaraan sendang melaju dengan sangat kencang. Akibatnya jika tidak hati-hati kendaraan bisa terbalik dan mengakibatkan luka serius pada penumpang. Agar mencegah hal yang tidak diinginkan makan pemilik kendaraan harus tahu ciri-ciri ban yang sudah rusak dan wajib untuk segera diganti.

Ciri Ban Yang Harus Diganti

Kembang Ban Sudah Rata Menyamai Indikator TWI

Ciri pertama dari ban yang wajib diganti terlihat pada kembang ban, yang mana kembang ban sudah rata dan sama dengan keberadaan TWI atau tread wer indicator. Tanda TWI pada ban memiliki arti bahwa ban sudah mulai bergesekan langsung dengan aspal jalan yang ditandai dengan kembang ban yang menipis.

Terdapat Benjolan Pada Ban

Ciri selanjutnya adalah terdapat benjolan pada ban. Benjolan tersebut tumbuh pada permukaan ban yang pemiliki permukaan lebih tipis dari permukaan lainnya. Apabila tanda ini dibiarkan begitu saja makan akan membuat gesekan secara terus-menerus dengan aspal jalan akibatnya ban mudah panas dan dapat pecah sewaktu-waktu.

Ban Mulai Retak

Ciri ketiga yang bisa menunjukkan ban harus segera diganti adalah ban yang retak. an Retaknya ban sering kali terjadi pada ban yang memiliki usia lebih dari empat tahun. Ban yang lama ditandai dengan karet yang mulai mengeras. Ban kendaraan dapat pecah karena ban memiliki tekanan yang relatif terlalu rendah.

Ban Yang Lama Disimpan

Ciri berikutnya adalah ban mobil yang telah lama disimpan dan tidak terpakai. Meskipun kembang ban masih tampak sangat tebal namun karakter dari karet ban yang disimpan selama tertahun-tahun tersebut bisa mengeras dan ketika dipasang kembali akan menyebabkan ban retak pada waktu yang tidak terduga.

Terlalu Banyak Tambalan

Ciri terakhir dari ban yang tiba masa ganti adalah banyaknya tambalan pada ban. Apabila terjadi bocor pada ban kendaraan pada umumnya pemilik akan menambal bagian yang bocor dan akan melakukannya berkali-kali. Namun tambalan yang terlalu banyak dan lebih dari empat titik justru akan menimbulkan ban kempis dengan mendadakan. Jika terjadi hal seperti itu maka sama saja pengguna menambah risiko adanya ban pecah.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *