Friday, 23/10/2020 | 2:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ban Tanpa Udara Yang Dapat Berlari 120 Km/jam

DISC Cooper

Otolibs.com – Sebelumnya sudah ada ban tubetype, ban tubeless dan sekarang sudah ada teknologi baru dari ban bernama airless. Salah satu persatu perusahaan ban Toyo Tire & Rubber Co dikabarkan baru saja meluncurkan ban tersebut.

Tidak hanya perusahaan tersebut saja yang memiliki produksi ban, tapi ada juga beberapa perusahaan asal Korea selatan dan mereka mengembangkan ban yang sama. Cara kerja dan desainnya juga tidak beda jauh.

Ban Tanpa Udara Yang Dapat Berlari 120km/jam

Ban yang bernama airless dari Toyo Tire & Rubber Co merupakan ban yang tidak membutuhkan angin sama sekali.

Ban noair tersebut masih prototipe dan akan diproduksi secara masal. Teknologi yang ada pada ban baru sendiri sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dan pertama dikembangkan untuk meningkatkan daya tahan dari ban atau mengurangi kebisingan.

Ban dengan teknologi baru tersebut juga sudah di uji coba di Osaka, digunakan pada mobil ini yang memiliki kapasitas 2 orang saja. Menurut pejabat teras perusahaan, ban tersebut akan mampu beroperasi dengan kecepatan 120km/jam.

Di negara jepang tidak ada aturan tentang penggunaan ban, selain soal teknis ada kendala pada produksinya yang terkait dengan regulasi. Tapi produksi tetap akan terpenuhi karena sudah berkaitan dengan adanya kepentingan keselamatan.

Sedangkan pada perusahaan lain yang mengembangkan ban yang sama, desain dan cara kerja yang dimiliki juga sama. Nama ban tersebut merupakan iFlex dari perusahaan asal Korea Selatan.

Daya Tahan Ban Tanpa Udara

Untuk daya tahannya, ban prototipe yang baru ini sudah lebih meningkat 8 kali dibandingkan dengan model yang sebelumnya. Pada ban yang baru bentuknya masih bulat dan memiliki telapak karet sama dengan ban pada umumnya. Sedangkan yang membedakan ada pada bagian samping.

Pada bagian samping tersebut ada jejaring resin atau getah yang mirip dengan jari-jari dan jumlahnya sekitar 50. Tapi jari-jari ini berbeda, karena fungsinya dapat meredam benturan dan materialnya lebih fleksibel tapi tetap dapat menahan beban dari kendaraan itu sendiri.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *