Friday, 30/10/2020 | 7:30 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Persiapan Mobil untuk Liburan Akhir Tahun

Jpeg

 

 

Otolibs.com – Akhir tahun memang masih beberapa bulan lagi. Namun, beberapa orang sudah ancang-ancang dengan mempersiapkan liburan mereka. Ya, momen akhir tahun memang menjadi salah satu momen yang tepat untuk liburan keluarga yang tentu akan menghangatkan suasana kekeluargaan yang terbangun. Apakah anda sudah mempersiapkan liburan akhir tahun anda?

Persiapan liburan akhir tahun memang beragam. Salah satu persiapan penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan mobil untuk kendaraan liburan. Bagi anda yang ingin liburan keluar kota pada waktu akhir tahun, kondisi mobil yang prima mutlak diperlukan. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai tahap persiapan menjelang liburan akhir tahun anda.

Beragam Persiapan Liburan Akhir Tahun

Periksa dan Ganti Oli

Salah satu langkah persiapan yang harus anda lakukan untuk memastikan bahwa mobil anda dalam keadaan baik adalah dengan memeriksa dan mengganti oli mobil. Oli sebagai pelumas akan sangat mempengaruhi kinerja dari mesin anda. Oli yang bagus tentu akan membuat mesin tidak cepat panas dan mampu berakselerasi dengan sangat baik. Sedangkan oli yang jarang diganti dan hitam akan menyebabkan korosi yang justru akan merusak blok mesin mobil anda.

Cek Air Radiator

Mengecek air radiator juga merupakan salah satu langkah yang terbilang simple untuk dilakukan namun sangat berguna. Fungsi dari radiator adalah untuk mendinginkan mesin yang sedang bekerja. Dengan radiator yang baik, maka mesin akan terhindar dari overheating yang terkadang akan menyebabkan piston mobil terkunci dan mesin tidak bisa bekerja. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan air radiator anda dalam kondisi baik dan penuh.

Periksa Ban Mobil

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum anda berangkat menempuh perjalanan panjang untuk liburan akhir tahun bersama keluarga adalah periksa ban mobil. Ini adalah hal penting yang tidak bisa anda lewatkan. Ya, memeriksa ban mobil sangat penting karena hal ini berkaitan dengan keselamatan anda dalam berkendara. Pastikan bahwa ban mobil anda dalam kondisi prima baik tapak yang masih kasar dan ban yang terisi angin dengan maksimal. Jangan mengambil risiko dengan membiarkan ban yang sudah tampak halus untuk berkendara jauh.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *