Wednesday, 28/10/2020 | 11:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Kebocoran pada Knalpot Mobil dan Cara Mengatasinya

9 Penyebab Kebocoran pada Knalpot Mobil dan Cara Mengatasinya

 

Otolibs.com – Sebagaimana kita ketahui bahwa knalpot merupakan salah satu komponen penting dari mobil yang akan mempengaruhi performa mobil secara umum. Beberapa pengendara seringkali melakukan modifikasi pada knalpot untuk memperbesar gas buang yang akan membuat mobil dapat melakukan akselerasi lebih baik daripada saat menggunakan knalpot standar.

Namun, selain fungsinya yang cukup penting, knalpot sering mengalami beberapa masalah. Kebocoran merupakan salah satu masalah yang sangat sering muncul yang akan merugikan pengendara. Berikut kita akan membahas beberapa penyebab terjadinya kebocoran pada knalpot dan juga cara mengatasinya sehingga anda bisa melakukan antisipasi dengan baik. Selamat membaca.

Sebab Kebocoran pada Knalpot

Usia Kendaraan

Perlu dipahami bahwa setiap komponen dari mobil memiliki batas usia dalam pemakaian, begitu pula knalpot. Dalam hal ini, salah satu penyebab yang sering terjadi dalam kasus kebocoran knalpot adalah usia kendaraan yang terlampau tua. Mobil yang terlalu tua akan membuat knalpot keropos dan mengurangi kinerja mesin secara umum. Oleh karena itu, jika anda menyadari bahwa knalpot mobil anda sudah terlalu tua dan keropos, maka baiknya anda segera melakukan penggantian.

Salah Modifikasi

Modifikasi knalpot seringkali dilakukan untuk meningkatkan gas buang mesin mobil. Gas buang yang lebih besar akan membuat mobil lebih ringan dan bisa melaju dengan lebih cepat. Selain itu, modifikasi juga dimaksudkan untuk membuat suara knalpot menjadi lebih gahar sehingga mobil akan nampak lebih keren.

Namun, kesalahan dalam modifikasi dapat menyebabkan kebocoran pada knalpot yang tentu sangat merugikan. Hal ini sering disebabkan karena pemasangan knalpot baru yang tidak sesuai maupun pemilihan knalpot yang salah. Oleh karena itu, saat hendak memodifikasi knalpot, maka anda harus selektif dalam memilih komponen yang baru.

Kesalahan Pencucian

Hal lain yang bisa mempengaruhi kondisi knalpot yang berujung pada kebocoran knalpot adalah kesalahan dalam pencucian. Pengendara sering mencuci mobil untuk membuat mobil lebih bersih dan mengkilap. Namun, sayangnya bagian knalpot sering dilupakan. Kotoran yang mengendap pada knalpot jika terlalu lama dan tidak dibersihkan maka akan menyebabkan knalpot menjadi keropos dan bocor. Oleh karena itu, perhatikan cara anda membersihkan mobil anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *