Friday, 23/10/2020 | 1:50 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Transmisi Manual dan Automatic, Pilih yang Mana?

10 Transmisi Manual dan Automatic, Pilih yang Mana

Otolibs.com – Salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli mobil baru adalah mempertimbangkan jenis transmisi dari mobil tersebut. Memang, jenis transmisi mobil akan mempengaruhi kesan dalam mengendarai sebuah mobil. Dewasa ini, beberapa pabrikan mobil menyediakan dua pilihan transmisi untuk produk mereka, yakni transmisi manual dan automatic.

Kedua jenis transmisi ini tentu memiliki beberapa perbedaan yang lebih signifikan. Transmisi automatic merupakan jenis yang lebih modern dan cenderung lebih mudah dioperasikan. Namun, kemudahan yang ditawarkan oleh transmisi automatic ini tidak lantas membuat transmisi manual sepi peminat. Lantas, mana yang lebih baik dari keduanya? Simak beberapa ulasan berikut ini.

Membandingkan Transmisi Manual dan Automatic

Kekuatan Tarikan

Bagi anda yang ingin mengendari mobil dengan kekuatan yang lebih prima, membandingkan kedua transmisi ini adalah hal penting untuk dilakukan. Dalam hal ini, jika kita membahas kekuatan tarikan, maka transmisi manual memiliki skor yang lebih tinggi daripada transmisi automatic. Ya, hal ini disebabkan karena pengendara bisa mengatur perpindahan gigi menurut kebutuhannya masing-masing.

Jika anda mengendarai mobil di daerah pegunungan yang berkelok, maka transmisi manual lebih mumpuni dan lebih stabil. Namun, jika anda berkendara di jalan kota yang cenderung data, maka transmisi automatic akan memberikan kenyamanan yang lebih untuk anda.

Detail Perawatan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat membandingkan transmisi manual dan automatic adalah perawatan. Seluruh komponen mobil termasuk transmisi tentu saja membutuhkan perawatan berkala. Perawatan ini akan menjaga performa mobil dalam posisi yang baik dan stabil.

Dalam hal ini, transmisi automatic memang terbukti tidak memerlukan banyak perawatan dibandingkan dengan transmisi manual. Transmisi automatic juga bisa bertahan lebih lama daripada transmisi manual yang sering terjadi masalah. Namun, biaya perawatan transmisi automatic jika ia rusak akan lebih besar daripada transmisi manual.

Penggunaan Bahan Bakar

Secaa umum, penggunaan bahan bakar kedua jenis transmisi ini relative imbang. Namun, banyak yang mengatakan bahwa transmisi automatic cenderung lebih boros.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa transmisi manual tidak kalah pamor dengan transmisi automatic. Meskipun dalam hal kenyamanan transmisi automatic terbukti lebih unggul, namun dibeberapa hal lain, ia kalah dengan transmisi manual.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *