Thursday, 29/10/2020 | 2:34 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan Bahaya Menaruh Helm di atas Tangki Motor

alasan bahaya taruh helm di atas tengki motor

Otolibs.com – Helm merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi seorang pengendara ketika mengendarai sepeda motor. Dalam peraturan berlalu lintas sekalipun, pihak kepolisian selalu menekankan tentang pentingnya memakai helm untuk melindungi kepala ketika terjadi kecelakan di perjalanan.

Meskipun demikian saat helm sedang tidak sedang digunakan, pengendara sepeda motor kerap kali menaruh helmnya di atas tangki bensin. Kebiasaan menaruh helm di atas tangki bensin motor memiliki risikoyaitu dapat merusak helm tersebut, karena walaupun tangki sudah tertutup sekalipun tetap masih mengeluarkan uap bensin dari dalam tangki motor.

Bahaya Menaruh Helm di Atas Tangki Motor

Membuat Helm Cepat Rusak

Kerusakan helm ini disebabkan karena terkena pengaruh uap yang dikeluarkan bahan bakar motor dari dalam bensin. Uap yang keluar akan mengenai bahan di dalam helm tersebut yang kebanyakan menggunakan busa. Busa yang terkena uap bahan bakar motor secara terus menerus akan mengakibatkan  cepat kering dan lapuk.

Kaca Helm Cepat Menjadi Kusam

Kaca helm dapat menjadi kusam karena terkena terik matahari secara terus-menerus. Tapi itu tidak sebanding dengan kaca helm yang terkena uap bahan bakar motor, karena bahan bakar motor mengandung zat gas yang dapat mengubah sesuatu menjadi mudah untuk menjadi kusam.

Helm Menjadi Bau Tidak Sedap

Bahan yang digunakan untuk melapisi bagian dalam helm biasanya terbuat dari busa dan sterofom yang lunak. Ketika terkena uap dari bahan bakar motor menjadikan busa helm menjadi berbau bahan bakar motor, dan ketika dipakai akan mengganggu pengendara.

Busa Helm Mudah Keras dan Mengendur

Uap bahan bakar yang dikeluarkan dari tangki motor sama dengan bahan bakar yang belum menguap. Busa yang tersiram dengan bahan bakar cair akan mudah untuk melapuk, begitu pula ketika terkena uapnya sehingga kinerja dari helm itu sendiri akan menurun. Apabila digunakan dalam perjalanan, fungsi dari helm untuk mengurangi risiko kecelakaan pada kepala juga ikut berkurang.

Pengendara Akan Menjadi Pusing

Uap bahan bakar motor yang menempel dalam busa helm juga dapat menjadikan pusing pengendara ketika sehingga berbahaya pada saat berkendara. Uap bahan bakar sangat berbahaya ketika dihirup hidung, dari hidung akan masuk ke dalam paru-paru dan akan menjadikan kinerja dari paru-paru akan menurun.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *