Tuesday, 20/10/2020 | 11:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Memodifikasi Velg Motor Tak Sesuai Ukuran pada Motor

bahaya memodifikasi velg tak sesuai ukuran pada motor

 

 

Otolibs.com – Motor saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakat Indonesia dan telah menjadi ajang pamer untuk kalangan remaja dengan memodifikasi motor. Hal ini terlihat dengan banyaknya remaja terutama laki-laki yang merubah sebagian bentuk motor menajadi terlihat lebih beda, keren, dan eye catching dengan rela merogoh uang saku mereka bahkan meminta pada orang tua untuk memodifikasi motor asal motor bisa tampil lebih ekstrim.

Bahaya Memodifikasi Velg Motor

Dari sekian banyak modifikasi motor, hal yang sering dilakukan remaja adalah memodifikasi velg nya. Banyak motor jenis bebek yang berganti velg dan bannya menjadi sangat kecil. Padahal velg standar motor bebek adalah 2.75 untuk bagian belakang dan 2.50 untuk bagian depan, namun mereka menggantinya dengan ukuran 2.00 untuk bagian belakang dan 2.25 untuk bagian depan. Hal ini ditambah dengan penggunaan ban yang kecil.

Benturan ban terhadap lubang di jalan akan membuat efek besar pada velg karena kecil dan tipisnya ban yang digunakan sehingga daya redamnya akan berkurang jauh. Untuk efek yang lebih parah adalah velg menajdi bengkok serta dapat menyebabkan kecelakaan si pengguna motor. Hal tersebut juga akan membahayakan pengguna jalan yang lain, jadi lebih baik modifikasilah motor sewajarnya saja.

Kerugian Jika Sembarangan Memodifikasi Motor

Rugi waktu Karena Razia

Dapat dipastikan jika motor yang dimodifikasi akan menjadi pusat perhatian terutama polisi. Hal ini tentu saja akan membuat polisi mengecek sejauh mana motor itu dimodifikasi, apakah melanggar peraturan lalu lintas atau tidak.

Rugi Terserempet Kasus Hukum

Karena merasa kurang puas dengan mesin pabrikan, maka akan memodifikasi mesin juga agar bisa melaju kencang. Ketika sudah kencang akan timbul keinginan untuk balap liar, yang mana balap liar merupakan tindakan yang melanggar hukum dan jika tertangkap polisi tentu tidak akan bisa lepas dari hukum.

Rugi Kalau Kecelakaan

Kerugian terbesar ketika salah memodifikasi motor, yaitu kecelakaan. Tak sedikit yang kecelakaan karena kasus motor modifikasi pada velg, seperti yang diketahui karenavelg kecil tentu akan membuat motor kurang stabil ketika dikendarai. Modifikasi tanpa memikirkan keselamatan justru akan merugikan orang lain bahkan diri sendiri ketika kecelakaan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *