Wednesday, 28/10/2020 | 2:28 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Fungsi Penting Tutup Pentil yang Jarang Diketahui Orang

Fungsi Penting Tutup Pentil yang Jarang Diketahui Orang

Otolibs.com – Sekarang perusahaan alat transportasi semakin menggila dalam perebutan pasar untuk menawarkan dan memasarkan produk buatannya, terlebih mobil dan sepeda motor. Banyak orang yang tergiur dengan beberapa keistimewaan dan kelebihan yang diluncurkan para perusahaan itu, dan banyak pula orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat kendaraan pribadinya.

Seringkali orang hanya terpaku pada penjagaan mesin kendaraan saja, mereka menganggap bahwa komponen yang terpenting untuk dijaga adalah kinerja mesin sehingga kendaraan aman saat berkendara. Anggapan itu sejatinya kurang benar, beberapa komponen kecil yang dianggap sepele justru mempunyai fungsi yang vital bagi kendaraan, seperti tutup pentil pada ban.

Fungsi Penting Tutup Pentil

Menjaga Tekanan Ban agar Tidak Mudah Kempis

Ban kendaraan akan terjaga tekanan anginnya ketika pentilnya ditutup. Tutup pentil yang dibuat dengan bahan karet akan menutup pentil dan mengurangi risiko ban kekurangan angin di dalamnya. Apalagi untuk kendaraan yang sering digunakan untuk jarak jauh, tekanan angin dalam ban yang stabil sangat dibutuhkan.

Menjaga Kotoran Masuk Ke Dalam Ban

Ban merupakan komponen penting dalam kendaraan dan perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Ketika ban dijaga dengan menutup pentilnya akan mencegah terjadinya korosi yang disebabkan karena masuknya kotoran yang berupa debu, tanah, air dan yang lainnya. Sehingga daya tahan yang dihasilkan oleh ban akan semakin lama.

Pembuatan tutup pentil menggunakan beberapa jenis bahan ; plastik, metal yang di dalamnya disumbat menggunakan karet yang berfungsi untuk menyumbat keluarnya angin dan mencegah masuknya kotoran masuk ke dalam ban. Tutup pentil juga bisa menjadi indikator untuk memberitahu kepada pengguna mengenai tekanan ban apakah masih tetap atau berkurang.

Meskipun pentil memiliki bentuk yang kecil namun ternyata memiliki fungsi yang vital pada kendaraan. Karena pentil biasanya terletak pada ban mobi dan apabila ban kendaraan dalam keadaan yang tidak prima maka kadang akan menyebabkan pecahnya ban. Sehingga hal yang paling fatal dan berisiko besar adalah ketika ban pecah maka kendaraan akan sulit terkendali dan terkadang akan menyebabkan kematian pada pengendara baik roda dua maupun roda empat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *