Wednesday, 28/10/2020 | 5:25 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kendaraan Besar Lebih Mewah dengan Kamera Blindspot

kendaraan besar lebih mewah dengan kamera blindspot

 

 

Otolibs.com – Pemain aftermarke totomotif Bosch yang telah ikut meramaikan Mining Indonesia 2017, meluncurkan Surround View EasyFit yang merupakan kamera 360 derajat untuk memberikan solusi visibilitas untuk kendaraan alat berat pada pertambangan. Kamera ini diharapkan akan membantu pengendara truk dalam medan off-road maupun on-road untuk mendapatkan pandangan yang jelas mengenai situasi sekeliling secara nyata.

Kamera ini akan sangat membantu pengendara truk besar ketika bermanuver, dengan empat kamera wide-angel yang mudah diaplikasi, teknologi EasyFit dapat memberikan 10 pandangan berbeda secara landscape serta 7 dalam bentuk protait.Dengan pengaplikasian EasyFit diharapkan pengendara truk dapat mengurangi efek blindspot  terhadap sudut yang tidak bisa dijangkau mata. Sehingga efisiensi pergerakkan lebih mudah dan tingkat keselamatan lebih terjamin.

Untuk pembelian, konsumen hanya mengeluarkan dana 34 juta dan akan mendapatkan EasyFitdengan empat kamera, konektor, dan control unit. Dan untuk jenis LCD, konsumen bisa membelinya secara terpisah serta akan disediakan teknisi untuk kalibrasi.

Kendaraan dengan Surround View EasyFit

Kendaraan yang paling tepat untuk teknologi ini adalah dump trucks. Untuk meminimalkan kecelakaan yang fatal, kamera ini sudah dilengkapi dengan helikopter view, serta perpindahan kamera agar sopir mengetahui kondisi pada sekelilingnya. Kamera ini memberikan jangkauan sejauh 10 – 15 meter.

Mengenal Apa Itu Blindspot?

Blindspot merupakan keadaan yang digunakan untuk menyatakan titik kebutaan pengemudi ketika berkendara terhadap keadaan sekitar karena terbatasnya pandangan. Penggunaan kaca spion belumlah cukup untuk menjangkau pandangan sekitar, karena meskipun ada kaca spion tetapi tetap saja pandangan terhalang oleh besaran kaca spion maupun adanya barang bawaan sehingga pantulan pandangan dari kaca spion menjadi terhalang. Area yang tak terlihat itulah disebut blindspot.

Kenapa Blindspot Bisa Terjadi?

Blindspot dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain mengenai bentuk dan besarnya kaca spion yang digunakan. Beberapa aturan mengenai kaca spion oleh pabrikan adalah mengenai dimensi atau besaran dari kaca spion kendaraan serta tingkat kecembungan yang tidak boleh terlalu cembung, dikhawatirkan pantulan cahaya akan mengganggu pengendara lain yang berada di belakang.

Karena aturan ditentukan oleh pabrikan, sehingga untuk tiap jenis mobil juga memiliki blindspot yang berbeda-beda. Dan blindspot terbesar biasanya terjadi pada kendaraan yang berukuran besar.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *