Wednesday, 28/10/2020 | 10:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Lampu LED pada Kendaraan Menjadi Penyebab Kecelakaan

lampu LED pada kendaraan menjadi penyebab kecelakaan

Otolibs.com – Menggunakan lampu LED pada kendaraan entah itu mobil maupun sepeda motor memang akan terlihat keren dan membuat jarak pandang pun lebih jelas. Padahal penggunaan lampu putih tersebut sangat membahayakan karena mengganggu penglihatan para sopir truk ketika di jalan raya. Banyak yang memakai lampu LED dengan berbagai alasan, antara lain karena cahaya lebih baik, harga yang lebih terjangkau, dan energi yang lebih hemat.

Karena memiliki keunggulan dalam hal penerangan membuat beberapa negara di Amerika Serikat berniat mengganti lampu jalan dengan lampu LED, namun hal tersebut harus ditunda lantaran menurut Asosiasi Medis Amerika penggunaan LED akan mempengaruhi siklus tidur manusia, yang akan membuat kepala pusing, mengantuk, stres, bahkan menjadikan manusia lebih gemuk.

Bahaya Penggunaan Lampu LED

Melihat cahaya semakin silau meski dilakukan pada malam hari, tekanan terhadap hormon melatonin yang bekerja mengatur siklus tidur manusia, bisa mengganggu siklus hidup hewan penjaga ekosistem, seperti burung, serangga, kura-kura, serta ikan. Kemudian dapat menyebabkan kantuk pada manusia, dan melemahkan aktivitas tubuh.

Aturan Memasang Lampu Kendaraan Bermotor

Dalam memasang lampu pada kendaraan motor tidak boleh sembarangan seperti yang Anda inginkan, melainkan haruslah ada aturan agar tidak membahayakan orang lain. Sekarang ini sudah banyak pabrik yang menyematkan lampu LED pada produknya, akan tetapi dengan standar tertentu. Berdasarkan Undang-undang pasal 24 PP No. 55 tahun 2012 telah dijelaskan standar untuk pencahayaan lampu dekat maupun lampu jarak jauh.

Berjumlah dua buah atau kelipatannya, dipasang pada bagian depan kendaraan bermotor, dipasang pada ketinggian tidak lebih dari 1.500 mm dari permukaan jalan serta tidak melebihi 400 mm dari sisi bagian luar kendaraan, dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 10 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

Dan apabila sepeda motor dilengkapi lebih dari satu lampu utama dekat maka lampu utama dekat harus dipasang berdekatan. Berkaitan dengan penerangan juga telah tertuang dalam pasal 70 PP No. 50 tahun 2012 yang menrangkan jika pancar dan arah sinar lampu utama harus lebih dari atau sama dengan 12.000 candela.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *