Thursday, 22/10/2020 | 5:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

 

 

Otolibs.com – Banyak orang yang menghindari perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan dengan alasan mereka akan merasakan mual yang akan menyebabkan muntah atau mabuk kendaraan. Kejadian seperti itu hanya terjadi tidak untuk berkendara menggunakan sepeda motor melainkan saat menggunakan mobil atau bus.

Mabuk kendaraan disebabkan karena informasi yang diterima dari telinga berbeda dengan informasi yang diterima oleh mata. Gerakan dari tubuh diterima oleh telinga tidak sepadan dengan gerakan yang diterima oleh mata yang seharusnya stabil, sehingga menimbulkan ketidaksesuaian penyerapan gerakan dari keduanya, ini yang menyebabkan perut terasa mual.

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Biasakan Mata Melihat ke Luar

Membiasakan mata untuk melihat keluar akan meminimalisir indikasi muntah. Ketika mata melihat ke luar akan menangkap gerakan-gerakan yang ada di luar mobil atau bus. Meskipun tubuh dalam diam di tempat, saraf mata yang menangkap gerakan dari luar akan menyeimbangkan informasi yang diterima oleh telinga.

Hindari Perjalanan dengan Perut Kosong

Perut yang kosong akan menyebabkan indikasi muntah lebih besar karena posisi lambung yang kurang sepadan dengan kebutuhan tubuh. Apalagi untuk orang yang mempunyai penyakit perut atau magh, kekurangan asupan lambung akan mengakibatkan asam lambung naik. Usahakan sebelum bepergian untuk mengisi perut dengan makanan secukupnya dan tidak berlebihan.

Pilihlah Posisi Duduk dengan Pandangan Luas

Posisi duduk yang minim pandangan juga dapat menyebabkan seseorang mudah untuk mual. Pilihlah posisi duduk dengan pandangan luas dengan tujuan  agar mata dapat melihat dan merangsang gerakan yang ada dengan bebas, biasanya posisi yang pas yaitu di samping pengemudi atau di posisi baris jok bagian depan di belakang pengemudi dengan tetap memperhatikan arah depan.

Sedia Cemilan, Obat Anti Mabuk dan Air Putih sebagai Obat Penawar Mual

Sediakan obat penawar mabuk dan air putih sebagai bekal utamanya. Cemilan digunakan untuk mengisi kekosongan ketika perjalanan, sehingga aktivitas seseorang tidak selalu diam di dalam mobil. Obat mabuk kendaraan diminum sebelum melakukan perjalanan, dan air putih diminum ketika tubuh terasa dehidrasi dan butuh asupan cairan.

Meminimalisir Menggunakan AC di dalam Mobil

Udara yang dihasilkan dari dalam mesin AC tidak begitu sehat untuk kesehatan, dapat pula menjadikan seseorang menjadi masuk angin dan terasa ingin muntah. Angin yang dihasilkan dari alam bebas justru lebih dapat diterima untuk tubuh seseorang, terutama untuk seseorang yang memiliki penyakit mabuk kendaraan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *