Thursday, 29/10/2020 | 2:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Tarikan Gas Terasa Berat Pada Motor

penjualan yang apik membuat kawasaki ninja 250 menjadi motor terlaris

 

 

Otolibs.com – Sepeda motor yang sudah tua dan telah kita miliki tahun-tahunan pasti akan terasa berbeda ketika sedang digunakan jika dibandingkan dengan motor baru. Terdapat beberapa masalah yang tumbuh seiring lamanya pemakaian ditambah lagi apabila yang memliki malas untuk merawat motor kesayangannya.

Masalah yang sering dihadapi sepeda motor ketika usianya sudah tua adalah tarikan gas yang terasa berat bahkan kada ngadat dan membuat pemakai akan kelelahan ketika mengendarainya. Selain karena usianya yang sudah tua penyebab utama tarikan gas motor terasa berat diakibatkan tali pada gas motor sudah kotor karena tidak penah dibersihkan.

Penyebab Tarikan Gas Terasa Berat

Tali Gas Kotor

Penyebab pertama yang menjadikan tarikan gas motor terasa berat disebabkan pemakai tidak pernah mengecek dan membersihkan tali gas yang ada pada motor kesayangannya. Sehingga mengakibatkan tali gas tersebut kotor. Apabila tali gas selalu dibersihkan mungkin gas pada motor tua akan tetap stabil layaknya gas pada motor baru.

Kabel atau tali yang ada pada gas kotor disebabkan adanya debu yang terlalu berlebihan dan pada saat musim hujan tali terkena air hujan yang mengakibatkan tali gas berkarat. Tali penuh dengan debu dan berkarat berarti tidak mulus sehingga ketika gas ditarik akan tersendat oleh kotornya yang ada di dalamnya.

Setang Motor Mulai Korosi

Selain gas terasa berat karena pemasalahan tali ternyata penyebab keduanya adalah setang motor mulai korosi dan menyebabkan timbulnya karat yang menempel pada tali gas. Sehingga tidak akan membuat nyaman penggunaanya. Oleh sebab itu pada tali yang sudah berkarat akan lebih baik diganti dengan tali gas baru agar saat berkendara pemakai akan merasakan kenyaman nyaris seperti memakai motor keluaran terbaru.

Kurangnya Perawatan

Kedua penyebab di atas sebenarnya dipengaruhi karena malasnya pemiliki untuk merawat motornya. Sehingga pada saat tiba waktu untuk diservis pemiliki tidak pernah membawanya ke bengkel untuk dilakukan perawatan. Layaknya manusia, sebuah motor juga memerlukan perawatan khusus yang akan membuat performa akan selalu baik dari waktu ke waktu dan dampak lain adalah menjadikan motor selalu terasa nyaman ketika digunakan meskipun motor tersebut sudah berusia tua.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *