Thursday, 29/10/2020 | 5:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Selain Mobil, Ternyata Ada Juga Bus Penumpang Facelift

Selain Bus Ternyata Ada Juga Bus Penumpang Facelift

Otolibs.com – Selama ini, saat berkendara di jalanan, kita kerap kali melihat bus yang berseliweran tanpa pernah mengetahui tentang desain maupun tampilan eksterior dari bus tersebut. Padahal, bus penumpang juga harus memiliki penampilan yang tidak kalah mentereng daripada mobil penumpang. Jika diamati, sebagian besar bus penumpang selalu bersolek agar bisa tampil lebih cantik.

Dengan penampilan yang purna tersebut, diharapkan bus dapat bersaing untuk mendapatkan penumpang lebih banyak daripada pesaingnya. Selain itu penampilan bus yang bersih serta modern memberikan rasa kepercayaan yang lebih kepada calon penumpangnya.

Tampilan Keren Bus Penumpang

Berpengaruh Pada Penumpang

Desain bus dan tampilan luarnya sangat mempengaruhi besarnya penumpang yang akan menggunakan jasa bus tersebut. Untuk itulah, banyak pengusaha bus yang berlomba menampilkan bus mereka dengan dandanan yang terbaru serta model yang paling mutakhir. Sebab para penumpang biasanya akan lebih tertarik dengan bis yang lebih canggih dan lebih modern tampilannya.

Berbanding lurus dengan eksterior, interior bus juga dituntut untuk lebih nyaman dan berkualitas hingga bisa mencapai angka maksimal penggunaan selama 10 tahun. Namun walau bisa bertahan selama itu, pengusaha bus biasanya melakukan peremajaan mesin lebih cepat dikarenakan mengejar kualitas mesin yang juga terus diperbarui oleh kompetitornya.

Perusahaan Otobus (PO) maupun perusahaan operator bus biasanya melakukan peremajaan desain setiap 6-7 tahun. Bahkan banyak di antara mereka yang menggarap ulang desain bus mereka lebih cepat dari perkiraan rata-rata tersebut. Tak jarang setiap dua tahun sekali, beberapa perusahaan mengeluarkan desain terbaru untuk bus mereka demi menggaet konsumen lebih banyak.

Selain model yang baru, fitur yang ditawarkan kepada penumpang juga bervariasi. Jika dulu penumpang sudah akan puas hanya dengan tambahan layar televisi dengan tampilan lagu-lagu yang diperdengarkan melalui sistem audio yang mumpuni, sekarang ini permintaan mereka menjadi lebih beragam.

Maka tak jarang banyak perusahaan bus yang mulai menawarkan wifi gratis untuk para penumpangnya, juga beragam fasilitas seperti bantal dan selimut yang kualitasnya lebih baik terkhusus untuk bus penumpang dengan trayek yang jauh.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *