Sunday, 1/11/2020 | 12:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Pertolongan Pertama Saat Pedal Gas Mobil Tersangkut

tips pertolongan pertama pedal gas tersangkut

Otolibs.com – Ada tiga komponen dalam mobil bertransisi manual yaitu pedal gas, kopling, dan rem. Pedal gas berfungsi untuk membuka aliran bahan bakar menuju ke ruang mesin, kopling berfungsi sebagai penetralisir rasio transisi mesin antara besar dan kecil gas disesuaikan dengan laju mobil, dan rem sebagai penahan laju untuk bisa berhenti.

Ada beberapa kerusakan mobil yang terjadi, salah satunya adalah pedal gas tidak dapat kembali ke posisi awal. Akhirnya putaran mesin terus kencang dan mobil melaju cepat tanpa kendali. Ini akan menjadi kondisi buruk dan berbahaya bagi pengemudi, terutama bagi pengemudi yang masih dalam tahap belajar mengemudi.

Tips Pertolongan Pertama saat Pedal Gas Mobil Tersangkut

Tetap Harus Menginjak Rem Kaki

Rem kaki berfungsi untuk mengendalikan laju mobil. Ini digunakan untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan laju mesin yang masih tinggi karena pedal gas tersangkut. Ketika rem kaki diinjak dengan maksimal juga dapat mematikan mesin dengan sendirinya, karena sambungan rem kaki dan kabel gas sama-sama tersambung ke mesin.

Hindari Menggunakan Rem Tangan

Fungsi dari rem tangan adalah untuk meringankan kekuatan rem kaki di saat posisi mobil diam. Ketika terjadi pedal gas tersangkut jangan menggunakan rem tangan untuk menghentikan laju mobil, karena ketika menggunakan rem tangan dan posisi laju mobil masih tinggi akan mengakibatkan selip di bagian belakang mobil, sehingga mobil sulit untuk dikendalikan bahkan sangat berbahaya jika belakang mobil terangkat ke depan.

Jangan Mematikan Mesin Melalui Kunci Kontak

Hindari mematikan mesin melalui kunci kontak saat pedal gas tersangkut dan laju mobil masih tinggi, karena ketika mesin mati akan mengurangi kinerja rem dan rem tidak akan berfungsi dengan maksimal. Ketika mesin mati juga akan mengganggu kinerja dari setir (power steering), sehingga untuk mengendalikan kendali roda akan semakin susah.

Jangan Panik dan Cari Keadaan Paling Aman untuk Pendaratan Mobil

Tips ini adalah hal yang paling sepele tapi akan sangat membantu mengurangi terjadinya kecelakaan. Tenangkan kondisi badan agar tidak panik melalui kejadian seperti itu, Jika tips sebelumnya sudah dijalankan, carilah keadaan yang paling aman untuk mendaratkan dan memberhentikan laju mobil, agar ketika mobil berhenti tidak kecelakaan secara beruntun.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *