Tuesday, 27/7/2021 | 6:27 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Trik Sederhana Untuk Mendeteksi Kampas Rem Tipis

Trik Sederhana Untuk Mendeteksi Kampas Rem Tipis

Otolibs.com – Rem adalah bagian dari beberapa komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan, baik kendaraan roda empat ataupun Indolucky kendaraan roda dua. Rem memiliki fungsi agar mobil dapat dikontrol jarak dengan beberapa kendaraan dan benda di depanya agar mobil tidak berbenturan.

Agar fungsi rem pada mobil selalu prima, maka pemilik harus selalu melakukan perawat secara rutin dan berkala. Cara perawatan tersebut diantaranya adalah dengan memeriksakan kondisi kampas rem apakah keadaannya masih bagus untuk digunakan atau sudah mulai menipis dan harus segera dilakukan pergantian kampas dengan kampas yang baru.

Tanda Waktu Kampas Mobil Untuk Segera Diganti

Bunyi Berdecit

Tanda pertama yang disinyalir sebagai tanda kampas sebuah mobil sudah habis adalah adanya bunyi berdecit pada mobil. Bunyi ini diindikasikan karena adanya kotoran yang masuk di antara kampas dan cakram rem mobil. Namun hal lain yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah kampas rem pada mobil sudah bersaingan secara langsung dengan cakram akibat habis kampas rem mobil.

Pemilik mobil harus selalu memastikan apakah bunyi berdecit tersebut apakah benar berasal dari kotoran atau berasal dari kampas habis. Langkah selanjutnya adalah melepas ban pada area yang menimbulkan adanya bunyi tersebut. Apabila ban sudah terlepas maka akan diketahui ketebalan dari kampas rem mobil melalui tengah-tengah celah caliper. Dan apabila kampas masih tebal maka langkah selanjutnya adalah membuka caliper dan membersihkan kotoran yang menempel.

Periksa Ketinggian Volume Minyak Rem

Apabila belum sempat melakukan pelepasan ban maka langkah paling sederhana adalah mengecek kondisi kampas rem dengan memeriksa ketinggian pada volume minyak rem di wadah yang terletak di master rem. Cara untuk melakukannya adalah dengan membuka terlebih dahulu kap pada mesin kemudian lihatlah ketinggian volume pada minyak rem tersebut.

Jika minyak pada mesin berkurang ketinggiannya dan berada pada area tengah, maka dapat diindikasikan bahwa kampas rem pada mobil sudah mulai menipis dan sebelum memvonis bahwa kampas rem sudah habis maka akan lebih baik jika memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada minyak rem pada semua bagian komponen vital pada rem mobil kesayangan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *