Friday, 7/5/2021 | 8:07 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan Honda Hentikan Produksi CBR 250R dan 150R

CBR 250R

 

 

Otolibs.com – Ada hal menarik dan berbeda yang diambil oleh Honda di tahun 2017 ini. Kabar mengejutkan datang ketika Honda memutuskan untuk tidak lagi memproduksi motor-motor besar miliknya yaitu CBR 250R dan 150R.

Namun kebijakan Honda tersebut tidak berlaku untuk seluruh negara melainkan hanya berlaku untuk India saja. Cukup menarik dan sangat disayangkan dimana Honda CBR tersebut tidak diperbolehkan lagi secara syah menurut keputusan Mahkamah Agung India untuk tidak lagi diproduksi di India.

Berikut Alasan India Melarang Honda CBR

Emisi Tidak Sesuai

Hal yang paling mendasar alasan Honda CBR tidak lagi diproduksi karena emisi pada Honda CBR tidak sesuai dengan ketentuan yang ada di India. Aturan tersebut berhubungan dengan aturan emisi gas buang BS4. Aturan ini sudah diterapkan sejak 1 April 2017 dan sudah ditetapkan melalui Mahkamah Agung India.

Sebenarnya Honda juga sudah melakukan pembaharuan dan penyegaran pada beberapa fitur yang ada pada motor CBR. Terutama mereka melakukan pembaharuan pada tahun 2015. Tetapi tetap saja berbagai pembaruan tersebut  masih belum mengikuti perkembangan dan juga aturan yang ada di India.

Sehingga, dengan berbagai ketentuan tersebut membuat Honda Motorcycle dan Scooter India lebih memilih untuk menghentikan kegiatan produksi dari CBR. Bahkan, untuk menanggulangi hal yang satu ini pihak Honda di India juga melakukan banting harga dengan menjualnya cukup murah dan rendah dari harga yang sebenarnya.

Adanya Versi Baru

Saat ini Honda juga belum kembali mengeluarkan atau memproduksi kembali CBR di India. Bahkan untuk CBR series di India sudah tidak kabarnya sama sekali ataupun informasi yang berhubungan dengan CBR. Hal ini pula yang semakin meyakinkan jika Honda memang sudah secara resmi memulai untuk menghentikan CBR dari peredaran.

Hal tersebut kemudian langsung ditanggapi oleh Honda dimana mereka memiliki rencana untuk mengeluarkan versi yang baru. Mengingat, CBR sebenarnya merupakan motor yang paling diminati di negara India. Oleh karena itulah, mereka kemudian akan menyajikan fitur baru dan pastinya disesuaikan dengan standart yang diminta oleh regulasi BS4.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *