Friday, 7/5/2021 | 7:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Knalpot Mobil Berasap Hitam? Begini Cara Mengatasinya!

4 Knalpot Mobil Berasap Hitam Begini Cara Mengatasinya

Otolibs.com – Perlu diketahui bahwa knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian mesin mobil. Lubang yang ada pada knalpot berfungsi sebagai jalan keluar dari proses pembakaran mesin sehingga kondisi mesin tetap prima. Tidak hanya itu, jenis knalpot juga bisa mempengaruhi performa mobil secara umum.

Fungsinya yang penting membuat knalpot harus mendapatkan perhatian yang khusus. Salah satu masalah yang sering muncul pada knalpot adalah munculnya asap hitam. Asap hitam merupakan pertanda buruk terkait kondisi mesin anda. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari kondisi ini, seperti bahan bakar berlebihan, setting injector yang salah, dan lainnya. Untuk mencegah agar kejadian ini tidak terjadi, berikut kita akan membahas beberapa cara mengatasi knalpot yang mengeluarkan asap hitam.

Cara Mengatasi Knalpot Berasap Hitam

Ganti Oli dengan Teratur

Salah satu penyebab munculnya asap hitam pada knalpot adalah oli mesin yang ikut terbakar. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kondisi oli yang sudah buruk karena lama tidak diganti. Oleh karena itu, salah satu cara perawatan knalpot agar tidak muncul asap hitam adalah dengan mengganti oli mesin secara teratur. Dalam hal ini, usahakan untuk mengganti oli mesin mobil anda setidaknya 2 atau 3 bulan sekali secara teratur. Selain itu, pilih oli terbaik yang sesuai dengan detail mesin mobil anda.

Bersihkan Ruang Silinder

Hal lain yang cukup penting dilakukan untuk mencegah munculnya asap hitam pada knalpot adalah dengan membersihkan ruang silinder dengan teratur. Ruang silinder yang kotor karena korosi dan oli yang menghitam akan berefek pada keluarnya asap hitam di knalpot. Oleh karena itu, membersihkan ruang silinder pada mesin secara teratur merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Dengan ruang silinder yang senantiasa bersih, maka masalah asap hitam pada knalpot tidak akan ada lagi. Selain itu, ruang silinder yang bersih juga akan membuat performa mesin mobil anda selalu terjaga dan optimal. Bersihkan ruang silinder dengan cara melakukan servis rutin maksimal setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Beberapa ide di atas dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah knalpot dengan cukup mudah. Semoga membantu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *