Friday, 23/4/2021 | 2:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Merawat Power Window Mobil Anda

3 Tips Merawat Power Window Mobil Anda

 

 

Otolibs.com – Perawatan komponen mobil memang sangat penting untuk dilakukan agar mobil yang kita miliki senantiasa berada dalam kondisi yang baik dan stabil. Ada beberapa komponen yang sebaiknya menjadi perhatian dalam perawatan. Salah satu komponen dan fitur mobil yang harus dirawat dengan teratur adalah power window.

Power window merupakan salah satu komponen yang akan memudahkan anda untuk menaik turunkan kaca mobil sesuai dengan keinginan anda. Semakin kesini, mobil menerapkan power window yang lebih simple sehingga lebih mudah diaplikasikan. Ada beberapa perawatan yang mudah untuk dilakukan demi menjaga kondisi power window mobil anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

Merawat Power Window Mobil Anda dengan Mudah

Periksa Rel Kaca Pintu

Untuk perawatan power window, hal pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memeriksa rel kaca pintu, terutama pada bagian karet penjepit. Ini adalah langkah awal yang cukup penting untuk dilakukan. Karet yang telah mengeras tentu saja akan menghambat naik turunnya kaca mobil anda. Untuk perawatan ini, sebaiknya anda mengoleskan silicon pada bagian karet kaca yang getas.

Periksa Pemutar Engkol

Perawatan lain yang cukup penting untuk diperhatikan adalah kondisi pemutar engkol. Dalam hal ini, kondisi pemutar engkol dapat dilihat dari kondisi kaca saat naik turun. Jika kaca lambat turun atau naik, bisa jadi motor listrik pada bagian pemutar engkol sudah lemah. Kerusaka ini cenderung disebabkan oleh mekanisme gerigi dan rel kaca pada bagian dalam engkol. Segera lakukan perbaikan sebelum kerusakan bertambah parah.

Perhatikan Suara Gemuruh

Kerusakan pada power window biasanya disertai dengan tanda-tanda. Salah satu tanda yang jamak muncul sebagai bukti kerusakan adalah suara yang bergemuruh. Dalam hal ini, ketika anda mendengar ada suara yang mengganggu pada komponen power window, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek mekanisme motor dan roda gerigi yang kemungkinan aus atau rusak.

Tentu, pengecekan dan perawatan beberapa komponen dari power window ini harus dilakukan dengan teratur dan berkala. Jangan menunggu hingga power window mobil anda rusak karena penggatian komponen akan memerlukan biaya yang lumayan banyak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *