Monday, 2/8/2021 | 11:43 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Trik Memilih Busi Mobil Yang Sebaiknya Anda Tahu

5 Trik Memilih Busi Mobil Yang Sebaiknya Anda Tahu

 

Otolibs.com – Salah satu komponen mobil yang berukuran kecil dan memiliki fungsi yang sangat penting adalah busi. Busi pada mobil berfungsi untuk memercikan api di dalam ruang bakar yang kemudian akan membakar campuran bahan bakar dan udara sehingga akan ada gerakan pada mesin.

Oleh karena itu, kondisi busi yang baik mutlak dibutuhkan untuk mendapatkan performa mobil yang stabil. Di pasaran terdapat beragam jenis busi yang akan membuat anda leluasa dalam memilihnya. Namun, tentu saja, anda perlu mengetahui trik untuk memilih busi yang tepat agar pengapian dalam mesin mobil dapat maksimal. Berikut ada beberapa tips untuk memilih busi yang tepat yang sebaiknya anda ketahui.

Tips Memilih Busi yang Tepat

Perbandingan Kompresi Mesin

Saat hendak memilih busi yang tepat untuk mobil anda, usahakan untuk melihat perbandingan kompresi pada mesin. Dalam hal ini, jika anda memiliki mobil dengan perbandingan kompresi tinggi, maka sebaiknya anda memilih busi dingin. Hal ini disebabkan karena busi dingin memiliki kemampuan yang lebih baik perihal transfer panas yang disebabkan oleh mesin yang tinggi. Sedangkan untuk kompresi mesin yang rendah, maka gunakan busi panas.

Daerah Tempat Tinggal

Pemilihan busi yang tepat dapat dilihat dari daerah tempat tinggal anda. Perlu diketahui bahwa suhu akan mempengaruhi kinerja dari busi tersebut. Bagi anda yang tinggal di dataran tinggi dan memiliki suhu dingin, maka sebaiknya menggunakan tipe busi panas. Sedangkann bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan yang beriklim panas, maka sebaiknya menggunakan tipe busi dingin.

Penggunaan

Penggunaan mobil menjadi hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan busi yang tepat. Jika anda sering berpergian jauhh dengan mobil anda, maka pilihlah tipe busi yang dingin. Tipe ini akan baik dalam mentransferkan panas sehingga pengapian akan lebih stabil. Selain itu, jika anda terbiasa hanya menggunakan mobil pada jarak yang relative pendek, seperti menempuh perjalanan dari rumah ke kantor saja, maka busi standard dapat digunakan. Pemilihan busi juga dipengaruhi oleh spesifikasi mesin. Jika anda melakukan modifikasi mesin, maka anda juga sebaiknya mengganti busi anda.

Beberapa poin di atas dapat membantu anda untuk mencari busi yang tepat untuk mobil. Cobalah untuk cermat dalam memilih busi demi performa mesin yang optimal.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *