Tuesday, 27/7/2021 | 7:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

aa

Otolibs.com – Untuk urusan mendinginkan mesin mobil, radiator memiliki peran yang sangat besar. Dengan adanya radiator dalam rangkaian mesin mobil anda, maka masalah overheating pada mesin dapat dicegah dengan baik meskipun anda melakukan perjalanan yang panjang bersama keluarga. Namun, tentu, radiator tetap memerlukan perawatan untuk menjaga fungsinya.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada bagian radiator. Salah satu masalah radiator yang sering muncul adalah air radiator yang cepat habis sehingga ia tidak akan bekerja dengan optimal. Tentu anda penasaran bukan tentang penyebab berkurangnya air radiator ini. Mari kita simak beberapa penyebab air radiator sering habis yang bisa anda cegah di bawah ini.

Penyebab Air Radiator Sering Berkurang

Tutup Radiator Melemah

Salah satu penyebab air radiator yang cepat habis yang seringkali terjadi adalah tutup radiator yang melemah. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada bagian karet yang ada pada tutup radiator. Karena disebabkan oleh tutup radiator yang melemah, maka aluran iar akan menuju ke tabung yang digunakan untuk air cadangan dengan lebih cepat. Bahkan, untuk kasus yang lebih parah, air akan mengalir sebelum valve terbuka. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya anda melakukan penggantian karet tutup radiator dengan yang baru.

Bocor pada Water Pump

Penyebab lain yang juga cukup sering muncul dan mengakibatkan air radiator cepat habis adalah kebocoran yang terjadi pada water pump atau pompa air. Water pump ini berfungsi sebagai pengatur sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Karena terjadi kebocoran, maka volume air yang tersimpan dalam radiator akan berkurang dengan cukup signifikan. Untuk mengatasinya, anda perlu melakukan cek pada water pump dengan teratur dan mencegah terjadinya karat.

Thermostat Bermasalah

Thermostat adalah komponen penting dalam radiator. Dalam hal ini, thermostat yang bermasalah akan menyebabkan sirkulasi water coolant di dalam radiator menjadi tidak normal dan efeknya mesin tidak dapat didinginkan dengan sempurna. Mesin yang panas akan menyebabkan air radiator mendidih dan kemudian menguap. Oleh karena itu, jika terjadi masalah pada thermostat, maka anda harus melakukan cek dan penggantian bila diperlukan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *