Friday, 7/5/2021 | 7:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Komponen yang Sering Rusak pada Power Steering

Komponen yang Sering Rusak pada Power Steering

Otolibs.com – Saat ini, hampir semua mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan power steering. Fitur ini memang sangat membantu terutama untuk mendapatkan sensasi berkendara yang lebih mudah dan tentu saja lebih nyaman. Dengan power steering, maka anda bisa mengemudikan mobil dengan lebih mudah.

Namun, perlu anda ketahui bahwa ternyata power steering tetap tidak lepas dari masalah. Ya, disebabkan karena beberapa hal, sering terjadi kerusakan pada salah satu komponen terpenting dalam sistem kemudi mobil ini. Berikut kita akan membahas beberapa komponen dari power steering yang cukup sering rusak. Dengan mengetahui beberapa komponen yang sering rusak, maka anda bisa melakukan tindakan pencegahan sebelumnya.

Bagian yang Sering Rusak pada Power Steering

Karet Seal

Salah satu komponen dari power steering yang sering rusak adalah karet seal. Karet seal ini terletak pada bagian bahwa dari power steering. Kenapa komponen ini cepat rusak? Hal ini dikarenakan karet seal dibuat dari bahan yang elastis sehingga termasuk sering sobek, terlebih ketika seal tersebut terkena kotoran yang mengeras. Apabilan kerusakan terjadi pada bagian ini, maka satu-satunya cara untuk mengatasi adalah dengan melakukan penggantian karet seal.

As Berkarat

Salah satu masalah yang cukup parah yang juga sering terjadi pada power steering adalah as yang berkarat. Hal ini memang biasanya tidak diduga oleh pemiliki mobil dan mereka baru mengetahui setelah komponen tersebut rusak. Karat pada bagian as sering muncul karena kebocoran oli pada power steering. Perlu pengecekan secara berkala agar hal ini tidak terjadi sebab penggantian as membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Selang Bermasalah

Komponen lain yang sering rusak pada rangkaian power steering adalah selang. Selang ini biasanya rusak karena disebabkan usia selang yang sudah cukup lama atau terjadinya kebocoran yag tidak disadari. Dalam hal ini, jika kerusakan terjadi pada selang maka anda harus melakukan penggantian. Untuk penggantian, usahakan anda menggunakan selang yang original dengan alasan kualitas.

Beberapa komponen tersebut merupakan bagian yang sering rusak pada power steering. Oleh karena itu, perawatan secara berkala dan teratur mutlak diperlukan untuk mencegah hal buruk terjadi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *