Wednesday, 20/1/2021 | 10:48 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Fitur Jaguar Land Rover Terbaru Bisa Prediksi Cuaca?

Fitur Jaguar Land Rover Terbaru Bisa Prediksi Cuaca

Otolibs.com – Sampai sekarang ini, belum banyak mobil yang menanamkan fitur pemrediksi cuaca ke dalam teknologi mereka. Padahal tekbologi semacam ini sangat membantu bagi pengguna agar bisa memperkirakan apa yang perlu dipersiapkan jika cuaca berubah buruk. Namun sebuah langkah baru diluncurkan Jaguar Land Rover (JLR) dengan mebenamkan teknologi ini ke dalam mobil mereka.

Pengajuan hak paten merupakan langkah cepat JLR guna menghindari pencurian ide. Pengajuan syarat dan berkas sudah didaftarkan kepada World Intellectual Property Organization. Hal ini juga membuktikan keseriusan mobil produksi Inggris ini dalam menerapkan teknologi prediksi cuaca ke dalam mobil mereka.

Inovasi Dalam Teknologi Otomotif

Keakuratan Data

Teknologi tersebut bekerja dengan cara membaca suhu udara, kelembaban, tekanan serta cahaya dari sekitar mobil. Selain itu, teknologi ini juga memanfaatkan GPS atau Global Positioning System guna memberi informasi mengenai cuaca lokal. Jika data sudah terkumpul, maka sistem secara otomatis akan melakukan penyesuaian suhu di dalam mobil, mengatur drive train serta mengontrol traksi.

Kabarnya teknologi tersebut selain dapat mengenali cuaca dengan mudah, juga dapat mengendalikan kemudi mobil dan disesuaikan dengan keadaan jalan ketika turun salju maupun hujan. Inpirasi dari teknologi ini datang dari banyaknya kecelakaan yang terjadi karena mobil tidak bisa mengimbangi keadaan jalan dan cuaca yang berubah karena adanya salju maupun hujan.

Teknologi Mobil Otonom

Konsep teknologi ini nampaknya cocok untuk digunakan pada mobil tanpa sopir atau mobil otonom. Pasalnya sistem yang ada di dalam mobil tersebut harus bisa secara otomatis menyeimbangkan suhu di dalam interior mobil. Teknologi ini juga tidak akan merepotkan pengguna karena tidak perlu lagi mengontrol suhu secara manual.

Jika nantinya mobil dengan teknologi cuaca tersebut jadi diproduksi, maka akan ada kemudahan lain karena informasi yang dihasilkan dari olah data teknologi tersebut bisa saling dibagikan kepada mobil yang lain. Tentunya terobosan ini sungguh adalah sebuah kemudahan di masa datang.

Namun sayangnya belum ada informasi resmi dari pihak Jaguar Land Rover mengenai kapan tepatnya mobil dengan teknologi terkini tersebut akan diproduksi. Jadi, kita tunggu saja gebrakan JLR dengan mobil canggihnya tersebut.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *