Wednesday, 27/1/2021 | 7:35 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mobil Pedesaan Besutan Lokal Siap Diproduksi Massal

Presiden Joko Widodo (kanan) melihat prototipe kendaraan pedasaan di Klaten, Jawa Tengah, Minggu (16/9).

 

 

 

Otolibs.com – Walaupun mobil nasional Esemka yang pernah digaung-gaungkan kini beum terlihat perkembangannya, bukan berarti mobil produksi nasional berhenti berinovasi. Bahkan mobil besutan lokal juga sudah tidak kalah dengan mobil buatan luar. Belum lama ini diperkenalkan mobil pedesaan buatan anak negeri yang diberi nama Kiat Mahesa Nusantara.

Tahun Depan, Mobil Pedesaan Siap Diproduksi

Pabrik Asal Jawa Tengah

Pengembang mobil pedesaan ini ternyata juga merupakan salah satu pelopor dari mobil Esemka. Adalah Sukiyat, pemiliki Kiat Motor yang mengembangkan  mobil ini di pabriknya yang berada di Klaten, Jawa Tengah. Bahkan kabarnya pada tahun 2018 yang akan datang mobil ini sudah siap diproduksi secara besar-besaran.

Nasib Kiat Mahesa nampaknya lebih beruntung daripada Esemka sebab mobil ini sudah dipastikan akan diproduksi tahun depan dan kini sudah terdapat tiga prototipe. Namun sampai saat ini belum dilakukan uji coba karena perizinan untuk uji sedang diurus.

Komponen mobil Kiat akan didatangkan dari seluruh vendor tanah air. Namun untuk produksi mobil Kiat Mahesa seluruhnya akan dilakukan di Kiat Motor. Memang sampai sekarang mesin yang dibenamkan ke dalam Mahesa masih menggunakan mesin buatan India, namun Sukiyat menjamin ke depannya akan dibenamkan mesin buatan asli Indonesia.

Menggunakan Mesin Diesel

Dituturkan Sukiyat, mobil Kiat Mahesa Nusantara ini akan dibekali dengan mesin diesel berukuran 650 cc. Namun pihak Kiat Motor belum mau membocorkan tentang daya maupun torsi yang akan dihasilkan oleh dapur pacu mobil berjenis pick up tersebut.

Untuk urusan harga, mobil pedesaan yang optimis lolos uji emisi ini akan dipasang pada harga Rp 50 juta hingga Rp. 70 juta. Namun harga tersebut belum termasuk pajak. Nantinya ada tiga tipe berbeda yang akan hadir sebagai varian dari Kiat Mahesa Nusantara yaitu mobil pick up dengan kabin tunggal, kabin ganda serta dengan dek rata power take off.

Jika Anda tertarik dengan mobil buatan anak negeri ini, maka Anda harus bersabar hingga Agustus 2018 nanti. Semoga saja mobil ini bisa lebih bersaing daripada Esemka dan mengalahkan mobil produksi asing.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *