Friday, 7/5/2021 | 7:46 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Nopol Warna Baru Siap Digunakan Tahun Depan

Nopol Warna Baru Siap Digunakan Tahun Depan

Otolibs.com – Kabar tentang penggantian tampilan nomor polisi (nopol) bagi kendaraan pribadi memang bukan isapan jempol belaka. Bahkan nopol terbaru ini nantinya akan terpadu secara elektronik dengan pendataan Samsat (SIM). Aturan tentang warna plat nomor baru ini akan diterapkan secara bertahap pada tahun 2019

Mengutip pernyataan Irjen Pol Royke Lumowa yang bertindak selaku Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri), aturan penetapan nopol baru ini masih membutuhkan banyak waktu mengingat harus menyesuaikan dengan regulasi yang harus diubah agar selaras sebagai dasar hukum.

Akan Dilakukan Serempak Pada 2019

Sosialisasi Terlebih Dahulu

Bagi penerapan nopol baru, awalnya akan digunakan untuk kendaraan baru. Kemudian bertahap diberlakukan pada kendaraan yang sudah habis masa berlaku STNK-nya. Hal tentang nopol saat ini sudah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 yang selanjutnya akan mengalami perubahan seiring dengan pemberlakuan nopol tampilan baru.

Sosialisasi sudah mulai dilakukan dan pada kesempatan pertama sudah dihadiri sebanyak 132 orang yang merupakan wakil dari tiap Polda dari seluruh tanah air. Kesemua peserta tersebut adalah petugas yang berada di bidang Bintara material, Operator SIM, Resident beserta Kasubdit.

Diteruskan Kepada Masyrakat

Tugas selanjutnya dari tiap peserta sosialisasi tersebut adalah meneruskan informasi kepada masyarakat luas perihal pergantian nopol ini sehingga pelaksanaannya pada tahun 2019 nanti dapat berjalan dengan lancar. Sosialisasi juga meminimalisasi ketidaktahuan masyarakat yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Integrasi nopol baru dengan pendataan Samsat ini juga akan memudahkan kepolisian untuk memantau kepemilikan kendaraan pribadi dan juga mempercepat tindakan jika terjadi tindak kriminal yang melibatkan kendaraan curian.

Maka dari itu mulai akhir 2017 ini sudah mulai banyak dilakukan penyebaran informasi mengenai penerapan nopol yang baru agar masyarakat bisa bersiap-siap. Dengan banyaknya sosialisasi nantinya tidak akan ada lagi alasan yang bisa digunakan untuk menghindari kewajiban pemasangan plat dan juga kewajiban membayar pajak kendaraan.

Tampilan baru plat nomor polisi ini nantinya akan dibuat lebih cerah agar nomor polisi bisa lebih terbaca seperti saran yang sudah banyak diberikan kepada pihak kepolisian selama ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *