Wednesday, 27/1/2021 | 6:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Spesifikasi untuk Mesin F1 pada Musim 2017

Hungarian Grand Prix

Otolibs.com – Seperti yang telah diketahui jika Formula One atau F1 adalah ajang balap mobil yang merupakan olahraga otomotif terpopuler di seluruh dunia selain Moto GP. Di Indonesia ada Rio Haryanto yang menjadi orang pertama dari Indonesia yang mengikuti ajang Formula One. Namun partisipasi dari Rio Haryanto ini hanya setengah musim dikarenakan dari pihak Manor Racing telah memutus kontrak Rio.

Ajang ini memiliki kriteria mesin serta desain yang berbeda dari mobil-mobil pada umumnya. Peraturan dari Federasi ajang F1 yaitu FIA memberi aturan jika mesin pada mobil F1 harus menggunakan mesin dengan kapasitas 2,4 liter V8 engine dan untuk boot maksimalnya semua mobil tidak boleh lebih dari 702 kg pada lima tahun lalu.

Sedangkan sejak tahun 2015 pada mesin mengalami perubahan dengan didukung teknologi yang tambah canggih termasuk di dalamnya memakai mesin turbo.

Mercedes pada Formula One

Kejayaan Mercedes bukan hanya terletak pada pembalapnya namun juga terletak pada mesin yang digunakan yaitu dengan mesin bensin teknologi V6 PU106B dengan kapasitas 1,6 liter dan didukung motor elektrik PU106B MGU-K yang mampu mencapai angka 18.000 rpm. Di sini artinya piston mesin bisa melakukan gerak-gerik sebanyak 300 kali dalam 1 detik dan untuk mobil pada umumnya hanya mempunyai 6.000 rpm.

Mesin ini melebihi apa yang diinginkan oleh FIA. Dengan mesin hybrid dari Mercedes dapat menghasilkan 750 – 850 dk dengan putaran 15.000 rpm.

Honda pada Formula One

Pada 2017, pabrik asal Jepang ini memiliki mesin yang lebih ringan 10 kg dan 1 senti lebih rendah, membuat layout yang serupa seperti Mercedes, serta mengembangkan teknologi pembakaran untuk meningkatkan efisiensi dan tenaganya. Saat tes dyno Honda meraih kemajuan pada komponen silinder tunggal, namun masalah sering muncul ketika mesin V6 ini komplit.

Honda juga menghadapi masalah pada stabilitas semenjak mesin dipasang dan dijalankan di McLaren MCL32. Masalah kerap muncul ketika Honda mempunyai girboks, driveshaft, dan ban. Tidak menyerah, Honda akan melakukan pembaharuan untuk mesinnya dengan mengaplikasikan teknologi saat digunakan pada ronde kelima atau keenam pada mesin V6 yang diharapkan mampu memenuhi target.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *