Wednesday, 28/7/2021 | 6:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Efek Memaksakan Knalpot Racing Untuk Motor Injeksi

Efek Memaksakan Knalpot Racing Untuk Motor Injeksi

Otolibs.com – Memodifikasi motor dengan berbagai gaya sudah menjadi satu kebiasaan bagi anak muda saat ini. Hanya saja berbagai perubahan yang dilakukan tidak memperhatikan efek buruk yang bisa didapatkan dengan memaksakan modifikasi tersebut. Salah satu jenis modifikasi yang tidak diperhatikan tetapi sebenarnya merugikan adalah penggunaan knalpot racing untuk motor injeksi.

Motor injeksi memang saat ini tengah menjadi salah satu jenis motor yang diunggulkan. Banyak pengendara yang beralih untuk menggunakan motor injeksi karena memang terkenal sebagai kendaraan yang irit akan bahan bakar. Berbagai jenis motor juga sudah menggunakan jenis motor yang satu ini mulai dari motor matik, bebek hingga motor sport sekalipun.

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan tampilan terbaik dan paling karenanya biasanya akan merubah seluruh tampilan dari tampilan hingga bagian spare part seperti motor. Penggunaan knalpot racing yang digunakan untuk motor injeksi diharapkan akan menambah suara gahar pada motor injeksi yang terlalu hening. Padahal sebenarnya ada beberapa efek yang kurang baik dengan memaksakan knalpot tersebut.

Berikut Efek Buruk Memaksanakan Knalpot

Lebih Bertenaga dan Nyaring

Salah satu alasan kenapa banyak pengguna memilih knalpot racing sebagai pelengkap kendaraan mereka adalah membuat suara hening dari motor injeksi menjadi lebih nyaring. Memang benar, ketika penggunaan jenis knalpot balap akan menambah suara menjadi lebih garang dan juga motor menjadi lebih bertenaga. Efek baik lainnya adalah performa menjadi bertambah bertenaga untuk motor.

Motor Menjadi Boros

Tetapi, selain dua efek positif yang bisa didapatkan dengan menggunakan motor balap tersebut ada juga efek negatifnya. Dampak pertama adalah konsumsi bahan bakar pada motor tersebut menjadi lebih boros karena tambahan tenaga yang didapatkan pada sepeda motor tersebut.

Terhentinya Sensor Oksigen

Dampak lainnya dengan penggunaan knalpot racing pada motor injeksi adalah sensor oksigen yang terhenti dan tidak bisa bekerja. Efek buruknya adalah pembuangan emisi gas buang tidak dapat bekerja dengan baik dan tidak bisa diatur pengeluarannya. Emisi yang didapatkan juga akan menjadi lebih tinggi dengan penggunaan knalpot yang memang seharusnya hanya diperuntukan untuk motor balap saja.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *