Saturday, 31/7/2021 | 8:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penjualan Etios Menurun, Toyota Buka Suara

Malagrine

 

 

Otolibs.com – Berdasarkan data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Toyoto Etios di Indonesia kian merosot. Terhitung Januari sampai pada bulan September yang lalu, Toyota Etios hanya terjual sebanyak 612 unit saja. Penurunannya bahkan mencapai 71% setiap bulannya.

Padahal, jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu di periode yang sama yaitu Januari hingga September 2016, Etios sempat menembus angka penjualan hingga 3009 unit.

Diyakini penurunan penjualan Etios disebabkan karena permintaan pasar yang setiap bulannya mengalami penurunan. Pertanyaan terkait kelangsungan pengadaan car city ini menjadi perbincangan dikalangan pengamat otomotif. Terlebih setelah diketahui banyaknya produksi Etios untuk setiap bulan juga berkurang hingga kurang dari 100 unit per bulan. Kabar bahwa Toyota ingin menghentikan produksi Etios tidak dapat dihindari.

Mengenai kabar tersebut, Executive General Manager Marketing Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto buka suara. “Jangan sampai distop, permintaannya masih ada.” Ungkapnya kepada salah satu badan jurnalis online di Indonesia, KompasOtomotif.

Beliau menambahkan, pembaharuan atau penyegaran bisa saja menjadi pilihan agar tetap menuai permintaan dari konsumen. Namun, belum ada kepastian tentang kapan Toyota Etios akan mengalami penyegaran. “Kalau penyegaran, semua model pasti kita siapkan, tinggal tunggu tanggal mainnya saja.”

Diketahui, mobil Toyota Etios Valco sebelumnya pernah melakukan penyegaran di tahun 2015 silam dengan beberapa perubahan signifikan pada item-item tertentu.

Meskipun permintaan konsumen terus berkurang, sampai sekarang Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Jawa Barat masih memproduksi Toyota Etios. Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro juga angkat bicara “Kita masih produksi sampai benar-benar tidak ada permintaan lagi. Sekarang masih ada meskipun tidak banyak.”

Toyota Etios Valco adalah mobil yang masuk pada segmen city cardan masuk pada kelas menengah. Pertama kali diluncurkan tahun 2013 dengan tiga macam jenis yaitu tipe JX, tipe E dan tipe G.Sejak saat peluncurannya, setiap tahunnya Etiosmengalami penurunan volume produksi. Beberapa dealer bahkan ditemukan berani memberi potongan harga bagi setiap konsumen yang tertarik membawa pulang Etios.

“Yang jelas, kalau tidak ada lagi permintaan, buat apa kita produksi lagi”, lanjut Yui.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *