Wednesday, 20/1/2021 | 9:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pentingnya Spooring untuk Keseimbangan Mobil

1. Pentingnya Spooring untuk Keseimbangan Mobil

Otolibs.com – Melakukan perawatan pada mobil adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan. Perawatan rutin yang dilakukan akan menjaga performa mobil dalam level yang baik sehingga kenyamanan akan anda rasakan di setiap perjalanan yang anda lakukan. Salah satu perawatan mobil yang cukup penting tetapi sering disepelekan adalah spooring.

Perlu diketahui, spooring adalah sebuah analisa, pengukuran serta penyesuaian sudut suspense dan juga kemudi. Perawatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan mobil dan juga memastikan apakah roda mobil sudah sesuai dengan standard yang sudah ditentukan oleh pabrikan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Spooring

Setiap Jarak 10.000 km dan Kelipatannya

Kebanyakan pabrikan menyarankan pemiliki mobil untuk melakukan spooring terhadap kendaraan mereka setelah kendaraan melaju pada jarak 10.000 km. Hal ini disandarkan pada perubahan-perubahan yang terjadi pada komponen mobil setelah jarak tersebut. Setelah jarak 10.000 km, maka ban mobil sudah mulai aus, shockbreaker sudah harus ditambah oli, dan lainnya yang menjadikan sudut ban serta kemudi menjadi bergeser dan kurang seimbang.

Ban Mulai Aus

Ban yang mulai aus adalah salah satu penyebab yang umum kenapa mobil menjadi tidak seimbang. Masalah ini jika tidak segera diatasi maka akan membuat mobil menjadi oleng dan berbahaya saat dikemudikan. Oleh karena itu, ketika anda mengetahui ban mobil mulai aus, terutama bagian tapak dan hanya satu sisi, maka sebaiknya anda segera melakukan spooring. Dengan spooring, maka sudut suspense akan disesuaikan ulang menurut kondisi ban.

Setelah Penggantian Ban

Ketika anda mengganti ban karena alasan kerusakan atau hal lainnya, maka wajib bagi anda untuk melakukan spooring. Penggantian ban tidak boleh hanya dilakukan dengan mengganti ban dan memasangnya saja, tetapi harus ada proses spooring untuk keseimbangan mobil. Ban yang hanya dipasang tanpa dilakukan spooring maka akan berpotensi oleng dan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.

Dari beberapa penjelasan tersebut, dapat kita ketahui bahwa spooring merupakan salah satu jenis perawatan mobil yang cukup penting. Dengan spooring, anda dapat menjaga keseimbangan mobil dengan baik. Lakukan spooring secara teratur agar kenyamanan berkendara akan senantiasa anda rasakan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *