Monday, 26/7/2021 | 4:53 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Amankah Memodifikasi Busi ?

Amankah Memodifikasi Busi

Otolibs.com – Tidak sedikit para pengguna kendaraan yang melakukan modifikasi atau perubahan pada busi kendaraan mereka untuk meningkatkan performa dan umur pemakaian busi tersebut.

Kebanyakan dari modifikator atau pemilik kendaraan memotong elektroda ground yang ada pada busi untuk memodifikasinya.

Amankah Modifikasi Busi ?

Proses perkembangan teknologi busi dipengaruhi oleh efek dari quenching. Dimana letak elektroda dan fitur sangat mempengaruhi kinerja dari busi tersebut untuk menjalankan proses pengapian.

Hal ini karena pada dasarnya, bentuk dari elektroda busi juga sangat beragam sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Lalu bagaimana jika busi standar dilakukan pemotongan pada bagian ground elektrodanya.

Tapi dengan memodifikasi busi tersebut dapat meningkatkan akselerasi kendaraan dan berpengaruh pada api yang membesar. Hal ini karena saat elektroda dipotong, maka posisi awal terbentuknya api akan mengalami pergeseran menuju sisi kiri dan api akan cepat membesar.

Hal tersebut dapat membuat spontanitas akselerasi kendaraan menjadi terasa mengalami peningkatan akibat perubahan busi.

Akibat modifikasi juga akan meningkatkan keausan yang tidak merata pada busi tersebut. Karena terdapat pergeseran titik pengapian, maka percikan listrik juga akan mengalami pergeseran.

Dengan begitu akan menyebabkan keausan pada kedua elektroda yang tidak merata dandapat berakibat pada elektroda yang menerima percikan menjadi tidak fokus. Hal tersebut berpotensi adanya penumpukan karbon yang lebih cepat sehingga menyebabkan potensi umur pemakaian busi menjadi tidak bisa diprediksi lagi kerusakannya.

Tujuan Modifikasi Busi

Busi memiliki prinsip utama untuk meredam efek dari inti api yang diharapkan tidak cepat padam saat proses pengapian. Karena bentuk elektroda sendiri dapat menghalangi pertumbuhan inti api saat busi sedang bekerja. Maka modifikator yang memotong elektroda ground biasanya untuk mempercepat proses penyebaran api.

Pada proses pemangkasannya juga berada pada bagian elektroda ground dan dibuat sejajar dengan elektroda pusat. Diharapkan saat terjadi percikan, api dapat lebih bebas karena tidak terhalang oleh elektroda.

Tujuan pemangkasan busi juga untuk mendapatkan loncatan bunga api yang lebih fokus pada titik-titik tertentu, meningkatkan torsi, api merambak ke segala arah dalam ruang bakar dan mengurangi ngepos saat start awal penggunaan mesin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *