Monday, 25/1/2021 | 3:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Langkah Awal Mengatasi Mobil yang Overheating

3. Langkah Awal Mengatasi Mobil yang Overheating

 

 

Otolibs.com – Salah satu masalah yang sering terjadi saat membawa mobil dalam perjalanan panjang adalah mobil dalam keadaan overheating. Overheating adalah kondisi mesin mobil yang terlalu panas dan akan menghentikan kinerja mobil secara tiba-tiba. Akibatnya, mesin mobil akan mati dan tidak akan bekerja dengan optimal.

Banyak pengemudi yang cenderung bingung ketika mereka menemukan masalah yang satu ini. Hal ini dikarenakan pengetahuan dasar mereka yang kurang terkait cara penanganan mesin mobil. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa langkah awal yang bisa anda lakukan ketika menemukan mesin mobil anda overheating sehingga anda tidak perlu khawatir dan bingung.

Tips Awal Mengatasi Mobil yang Overheating

Matikan Mesin Mobil

Salah satu langkah awal yang bisa anda lakukan ketika mengetahui bahwa mesin mobil anda bermasalah dan overheating, maka anda sebaiknya menepi dan mematikan mesin. Cara ini tergolong cukup baik untuk dilakukan sesegera mungkin. Dengan mematikan mesin mobil, maka anda bisa menghindarkan mesin mobil dari kerusakan yang lebih parah. Matikan mesin dengan segera dan tunggu beberapa saat sambil melihat jarum temperature untuk memastikan bahwa suhu mesin mobil sudah menurun.

Buka Kap Mesin

Ketika anda berhenti di tepi jalan, ada baiknya jika anda membuka kap mesin mobil. Overheating terjadi karena uap panas yang terjebak di ruang mesin mobil. Dengan membuka kap mesin mobil, tentu saja uap yang terjebak dapat hilang dengan lebih cepat. Namun, tentu anda harus berhati-hati karena kondisi mesin yang terlampau panas akan berbahaya bagi tangan anda. Gunakan tuas untuk membuka kap mesin agar tangan anda aman dari terkena uap panas.

Periksa Cadangan Air Radiator

Salah satu penyebab umum dari masalah overheating yang terjadi adalah radiator yang bermasalah atau tidak bekerja dengan baik. Air radiator yang tersumbat atau radiator yang bocor tidak dapat mendinginkan mesin mobil dengan optimal. Oleh karena itu, selain mengecek fisik radiator, penting bagi anda untuk memeriksa cadangan air radiator. Jika cadangan air radiator habis, maka sebaiknya anda segera mengisinya kembali.

Beberapa cara tersebut merupakan cara awal yang bisa anda lakukan. Jika masalah overheating masih sering muncul, maka bawalah mobil ke bengkel tertentu.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *