Wednesday, 27/1/2021 | 6:40 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Masalah Umum pada Mesin Mobil yang Sering Mengganggu

4. Masalah Umum pada Mesin Mobil yang Sering Mengganggu

Otolibs.com – Semua pengendara tentu ingin memiliki mobil dengan performa yang baik dan handal. Dengan performa mobil yang baik, tentu saja anda bisa merasakan kenyamanan yang lebih dalam setiap perjalanan yang anda lakukan. Namun, tidak jarang, masalah muncul pada mesin mobil yang tentu saja akan mengganggu performa mobil anda.

Memang, ada beberapa masalah mesin mobil yang cukup sering terjadi yang terkadang tidak dianggap serius oleh pengendara. Padahal, masalah umum ini akan mengakibatkan kerusakan mesin yang lebih parah jika dibiarkan. Berikut kita akan membahas beberapa masalah umum pada mesin mobil yang cukup mengganggu dan sebaiknya anda pahami dengan baik.

Masalah pada Mesin Mobil yang Sering Mengganggu

Mesin Sulit Dinyalakan

Salah satu masalah mesin mobil yang seringkali muncul adalah mesin mobil yang sulit dinyalakan. Masalah ini biasanya terjadi pada pagi hari ketika anda hendak menggunakan mobil anda untuk berpergian atau bekerja. Mesin yang terlalu dingin sehingga sulit dinyalakan ini disebabkan oleh beberapa hal berbeda. Adapun sebab dari masalah ini adalah kurangnya tegangan arus dari aki, terminal aki yang kendur, masalah pada injector mobil, jarak busi yang terlalu longgar, atau kerusakan pada bagian tekanan bahan bakar. Jika mesin anda tidak mau menyala beberapa kali, maka anda harus melakukan tune up.

Mesin Tidak Bertenaga

Keluhan lain yang sering dirasakan pengendara adalah mesin yang tidak bertenaga meskipun bisa dinyalakan. Kondisi ini akan sangat mengganggu karena perjalanan akan menjadi tidak nyaman dan mobil melaju dengan kecepatan yang tidak stabil. Masalah mesin yang tidak bertenaga ini seringkali diakibatkan karena pemasangan timing belt yang kurang tepat, filter bahan bakar yang kotor atau masalah pada fuel pump. Perawatan berkala dapat menjadi solusi dari masalah ini.

Mesin Mobil Mendesis

Suara mendesis yang keluar dari mesin mobil merupakan tanda bahwa mesin mobil anda berada dalam kondisi yang tidak beres. Keluarnya suara tersebut selain membuat anda tidak nyaman juga akan membuat performa mobil turun dengan drastis. Masalah ini seringkali disebabkan karena rusaknya manifold pada mobil dan kondisi kepala silinder yang kurang baik. Cek beberapa komponen tersebut untuk mengatasinya.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *