Monday, 24/9/2018 | 5:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Kerusakan Pada Gardan Mobil

Penyebab Kerusakan Pada Gardan Mobil

 

 

Gardan atau yang disebut juga dengan differential merupakan salah satu komponen yang paling penting di dalam rangkaian mobil, yang fungsinya sebagai penggerak roda mobil. Maka, jika Gardan mobil ini megalami kerusakan, otomatis akan mengganggu kinerja mobil Anda. Untuk itu, Anda wajib mengetahui penyebab kerusakan pada Gardan mobil.

Pola kerja dari Gardan mobil ini didukung dengan transmisi. Nah, transmisi inilah yang menentukan kecepatan dari gerakan Gardan. Kinerja Gardan ini juga memiliki urutan-urutannya tersendiri. Berawal dari putaran mesin yang kemudian dilanjutkan oleh transmisi, barulah prosesnya dilanjutkan oleh Gardan. Jika terjadi kerusakan pada Gardan mobil, proses-proses tersebut akan terganggu dan kinerja mobil pun jadi terhambat. Berikut beberapa penyebab kerusakan pada Gardan mobil:

  1. Gigi Gardan yang Aus

Jika gigi atau gear Gardan mengalami kerusakan karena faktor usia atau sudah aus akibat terlalu sering dipakai, bisa menimbulkan suara berdenging dan berisik. Biasanya hal ini terjadi pada bagian roda belakang jika Anda melajukan mobil dalam kecepatan tinggi. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengganti gigi Gardan dengan segera. Bunyi dengung atau berisik pada Gardan juga bisa disebabkan oleh kelonggaran pada gigi Gardan, jika begitu Anda hanya perlu melakukan penyetelan ulang saja.

  1. Leher Gardan Mengalami Kerusakan

Kerusakan karena leher Gardan mengalami masalah atau bisa juga akibat ambrol bisa mengakibatkan mobil menimbulkan bunyi getaran saat dikendarai. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti Gardan mobil Anda dengan yang baru, atau Anda bisa membawanya pada mekanik yang ahli untuk memperbaikinya.

  1. Oli Gardan Mengalami Kebocoran

Kerusakan pada Gardan mobil juga disebabkan oleh oli Gardan yang bocor. Oli Gardan bocor bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena baut tap oli Gardan tidak terkait dengan tepat. Selain itu juga diakibatkan seal roda bagian belakang khusus untuk mobil mengalami permasalahan.

Jika Anda sudah tahu penyebab kerusakan pada Gardan mobil, Anda akan lebih mudah untuk mencari tahu bagaimana mengatasi masalah yang terjadi pada Gardan mobil. Dengan begitu, Anda juga memiliki alasan untuk selalu memperhatikan kondisi setiap bagian-bagian mobil dan rutin melakukan perawatan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *