Monday, 24/9/2018 | 5:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Beberapa Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Injeksi

Beberapa Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Injeksi

Otolibs.com – Mobil injeksi yang dimaksud adalah mobil yang memiliki sistem injeksi pada kinerja pengolahan bahan bakarnya. Sistem ini menggunakan pengontrol elektronik. Dengan menggunakan sistem ini, bermanfaat untuk mengurai gas buang sehingga lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, namanya buatan manusia pastilah tidak luput dari yang namanya kekurangan. Masihlah terdapat beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mobil injeksi.

Menggunakan sistem injeksi pada mobil bukan hanya lebih ramah lingkungan, tetapi juga lebih irit bahan bakar, performa mesinnya yang lebih bagus, dan memudahkan Anda untuk melakukan perawatan. Apabila terjadi masalah pada mobil injeki, biasanya bisa dilihat dari lampu check engine yang terdapat pada dashboard. Dan, berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mobil injeksi:

  1. Boros Bahan Bakar

Sistem injeksi pada mobil  memang irit terhadap bahan bakar. Namun, jika terjadi masalah pada sistem Fuel injeksi, maka kemungkinan besar akan mengganggu kinerja pengolahan bahan bakar pada mobil dan mengakibatkan keborosan dengan pemakaian bahan bakar yang tidak sebagaimana mestinya.  Untuk itu, sering-seringlah Anda melakukan perawatan dan periksalah apakah beberapa bagian seperti busi, kabel busi, hingga kopling slip masih dalam keadaan bagus.

  1. Mesin yang Tersendat

Mesin mobil akan tersendat saat pedal gas dilepas ketika mobil dalam keadaan berjalan pada semua kecepatan gigi. Kerusakan ini diakibatkan oleh sistem VVT rusak, masalah pada ECM, injector, tekanan bahan bakar yang tidak sesuai, dan katup EGR yang tidak bekerja.

  1. Mesin yang Tidak Bertenaga

Masalah ini menjadi sebuah hal umum yang sering terjadi pada mobil injeksi.  Yang menjadi penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperi rusaknya busi, kabel busi rusak, koil pengapian, tersumbatnya pipa bahan bakar, kebocoran paking, dan juga bisa dikarenakan oleh mesin yang terlalu panas. Untuk masalah ini, Anda bisa memeriksa keadaan bagian semua sensor, VVT, ECM, dan juga injector. Serta EGR jika mobil Anda dilengkapi dengan komponen ini.

Dan, itulah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mobil injeksi yang bisa Anda ketahui, supaya Anda lebih paham dan rutin melakukan perawatan agar mobil injeksi Anda terhindar dari masalah-maslaah tersebut.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *