Monday, 24/9/2018 | 5:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Kerusakan pada Gardan Mobil

Cara Mengatasi Kerusakan pada Gardan Mobil

 

 

Pada bagian mobil terdapat berbagai komponen penting yang membantu kinerja mobil itu sendiri, salah satunya adalah Gardan. Gardan atau differential merupakan alat yang berfungsi sebagai penggerak roda mobil dengan didukung oleh transmisi yang menentukan kecepatan dari gerakan roda tersebut. Apabila terjadi masalah pada Gardan mobil Anda, pastilah Anda harus tahu cara mengatasi  kerusakan pada Gardan mobil.

Kerusakan pada Gardan mobil Anda bisa dikarenakan oleh beberapa penyebab. Di antaranya, bisa karena gear atau gigi Gardan mengalami kerusakan atau kelonggaran, leher Gardan yang mengalami kerusakan, dan juga bisa karena baut tap oli Gardan yang dapat menyebabkan kebocoran. Dari penyebab-penyebab itulah Gardan bisa mengalami kerusakan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab hal itu bisa diatasi dengan beberapa cara mengatasi kerusakan pada Gardan mobil berikut ini:

  1. Menggati Gigi Gardan Mobil

Hal ini bisa Anda lakukan jika gigi atau gear Gardan mobil Anda mengalami kerusakan dan menimbulkan bunyi berdenging ketika Anda menjalankan mobil. Dengan menggati gigi atau gear Gardan yang baru, suara berdenging yang timbul bisa teratasi.

  1. Setel Jarak Bebas Gigi Gardan

Gigi atau gear Gardan yang terlalu longgar bisa mengakibatkan timbulnya bunyi berdenging pada mobil Anda ketika digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan penyetelan ulang jarak bebas gigi Gardan. Jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda bia membawa mobil Anda ke bengkel untuk diatasi oleh ahlinya.

  1. Mengganti Baut Gardan

Ini bisa Anda lakukan jika Gardan mengalami kebocoran oli akibat baut yang telah rusak. Anda perlu mengganti baut pada Gardan, atau jika kebocoran terjadi hanya karena baut Gardan yang tidak terpasang dengan tepat dan erat, Anda cukup mengencangkan kembali baut dan memasangnya dengan tepat.

  1. Mengganti dengan Gardan yang Baru

Jika terdapat kerusakan pada beberapa bagian Gardan mobil, seperti gear, bearing, packing, dan yang lainnya, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti Gardan mobil dengan yang baru dan pastikan Gardan penggantinya memiliki kualitas yang baik.

Cara mengatasi kerusakan pada Gardan mobil yang telah dijelaskan di atas, sebagai solusi jika mobil Anda mengalami masalah pada bagian Gardan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *